Guna Meningkatkan Kualitas Audit Mutu Internal, Universitas Ciputra Surabaya Menyelenggarakan Rangkaian Persiapan Audit

Guna Meningkatkan Kualitas Audit Mutu Internal, Universitas Ciputra Surabaya Menyelenggarakan Rangkaian Persiapan Audit

Surabaya, 10 November 2020.

 

Universitas Ciputra Surabaya menyelenggarakan rangkaian persiapan audit pada periode 2020. Rangkaian program tersebut meliputi pembekalan auditor baru, refreshment auditor dan sosialisasi audit mutu internal kepada para auditee.

Selain itu, UC juga dipercaya sebagai narasumber sosialisasi audit mutu internal yang diseleggarakan oleh LLDIKTI VII. Sosialisasi audit mutu internal ini diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2020 dengan Pembiacara Ibu Lenny Rosita, S.T., M.MT dan Ibu Dr. Jenny Mochtar Djunjung dari Universitas Kristen Petra.

Pembekalan untuk auditor baru yang diselenggarakan melalui training merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh QA Universitas Ciputra Surabaya. Tujuan dari training ini adalah untuk membekali auditor baru terkait pelaksanaan audit pada Universitas Ciputra Surabaya. Pembekalan tidak hanya dilakukan untuk auditor baru saja, namun juga dilakukan untuk auditor lama. Training audit internal tahun ini diselenggarakan pada tanggal 9-10 November 2020 dan untuk refreshment auditor diselenggarakan pada tanggal 10 November 2020. Seluruh kegiatan diselenggarakan secara online dengan pembicara yaitu Prof. Dr. Drh. Nyoman Sadra Dharmawan, MS. Training pembekalan auditor baru diikuti oleh 38 peserta dan untuk refreshment auditor diikuti oleh 32 peserta.

 

Berikut 8 (Delapan) poin penting yang harus menjadi perhatian sebagai seorang auditor yaitu:

  1. Pelajari bahan audit
  2. Catat pertanyaan tambahan pada audit checklist
  3. Sepakati jadwal pelaksanaan audit
  4. Gunakan audit checklist
  5. Check bukti audit
  6. Dokumentasi proses pelaksanaan audit (foto dan daftar hadir)
  7. Buat audit report
  8. Verifikasi progress temuan audit

(CE/LR)