Audit Internal … ?? Siapa Takut .. !!

Audit Internal … ?? Siapa Takut .. !!

Surabaya, 25 November 2019.

 

Mendengar kata audit, nampaknya cukup membuat departemen jadi aware untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Audit Mutu Internal dilaksanakan secara berkala di Universitas Ciputra Surabaya, sebagai bagian dari siklus Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Untuk periode tahun akademik 2018/2019, pelaksanaan audit internal dibedakan menjadi audit non prodi (09-20 Desember 2019) dan audit prodi (20 Januari – 07 Februari 2020).

Rangkaian proses audit mutu internal dimulai dengan Opening Meeting Audit Internal yang diselenggarakan pada tanggal 25 November 2019. Dengan mengundang perwakilan departemen (auditee) dan auditor, departemen Quality Assurance selaku penyelenggara memberikan informasi terkait pelaksanaan audit internal, sekaligus memberikan refreshment kepada para auditor. Tujuan dari pelaksanaan audit periode ini adalah untuk menemukan kesesuaian implementasi SPMI periode 2018/2019 di lingkup Universitas Ciputra Surabaya.

 

Gambar 1. Opening Audit Mutu Internal Periode 2018/2019

 

Pelaksanaan audit internal di 13 departemen non prodi dan 14 departemen prodi, berjalan sesuai range jadwal yang telah ditetapkan. Terdapat total 85 temuan (kategori observasi maupun nonconformity), dengan subject category temuan tertinggi terkait pemenuhan standar perguruan tinggi. Temuan yang ada, langsung ditindaklanjuti dengan menerbitkan CPA (Correction Preventive Action) oleh Auditor. Mulai periode ini, untuk pembuatan audit report telah menggunakan aplikasi Audit Internal. Dengan adanya aplikasi ini, membantu para auditor untuk mempersingkat proses administrasi audit. Apabila ada temuan, CPA akan langsung otomatis ter-created melalui aplikasi ini.

 

Gambar 2. Audit Mutu Internal Prodi

 

Untuk closing meeting, karena memasuki masa pandemik maka Departemen Quality Assurance menyelenggarakannya secara online via Zoom Meeting. Dengan total 27 sesi closing meeting, masing-masing sesi dihadiri oleh auditee, auditor, Top management dan perwakilan Quality Assurance.

 

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan Audit Mutu Internal, proses continual improvement dapat terus berjalan di Universitas Ciputra Surabaya.

 

Salam Improvement!!! (LA/LR)