Sekilas QA

Universitas Ciputra Surabaya adalah perguruan tinggi swasta di Surabaya, Jawa Timur yang fokus pada peningkatan kualitas lulusan. Guna menjamin peningkatan kualitas lulusan secara berkesinambungan, universitas membentuk Kantor Penjaminan Mutu/Quality Assurance. Quality Assurance (QA) ini dibentuk sejak 1 Agustus 2008.

Visi QA

Menjadi kantor penjaminan mutu yang mendukung terciptanya Entrepreneur kelas dunia yang berkarakter Integritas-Profesionalisme-Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan melalui sistem penjaminan mutu yang mengutamakan good governance dan perbaikan berkesinambungan.

Misi QA

  • Mendukung penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi di bidang keilmuan dan entrepreneurship dengan standar kualitas internasional
  • Mendukung pengelolaan universitas secara entrepreneurial dengan memegang prinsip tata pamong yang baik

Kebijakan Mutu

UC berkomitmen untuk membentuk lulusan yang mempunyai kompetensi keilmuan dan entrepreneurship, berkarakter Integritas, Profesionalisme, Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan sehingga dapat berkontribusi positif dalam menciptakan ventura dan atau menciptakan nilai tambah berstandar internasional di berbagai bidang bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Dengan slogan mutu Best quality for service excellence.

Tugas dan Tanggung Jawab QA

QA bertanggung jawab dalam:

  • Menyusun Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk mengendalikan mutu penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi
  • Melaksanakan audit internal dan mengkoordinasikan pelaksanakan audit eksternal
  • Melaksanakan survei kepuasan pelanggan baik internal ataupun eksternal
  • Memantau dan mengkoordinasikan tindak lanjut hasil audit, keluhan pelanggan & hasil survei kepuasan pelanggan
  • Memberikan saran dan rekomendasi perbaikan berkesinambungan kepada Rektor atas pemantauan implementasi SPMI

Struktur Organisasi QA

 

Koordinator QA Program Studi

Sistem manajemen penjaminan mutu di masing-masing program studi, fakultas, dan seluruh departemen yang berada dalam naungan Universitas Ciputra, dengan mengacu pada dokumen manajemen sistem yang dikelola oleh kantor penjaminan mutu tingkat universitas.

Tanggung jawab penjaminan mutu di departemen melekat pada pimpinan departemen masing-masing, baik program studi ataupun non program studi.

Bahwa untuk memastikan proses penjaminan mutu program studi berjalan dengan baik, maka Universitas menugaskan perwakilan dosen sebagai koordinator penjaminan mutu di tingkat program studi, yang bertanggungjawab secara struktural kepada ketua program studi dan bertanggungjawab secara fungsional ke kepala kantor penjaminan mutu tingkat universitas.

Fungsi koordinator penjaminan mutu program studi adalah mengkoordinasikan proses penjaminan mutu untuk mencapai standar mutu yang telah ditetapkan dan menjamin perbaikan berkesinambungan di program studi dengan tetap melakukan koordinasi dengan tim penjaminan mutu tingkat universitas.

Tugas dan tanggung jawab koordinator penjaminan mutu di tingkat program studi :

  1. Melaksanakan proses penjaminan mutu dalam mengimplementasikan dokumen manajemen sistem (kebijakan, prosedur, pedoman, instruksi kerja dll.)
  2. Mengikuti pelatihan atau sosialisasi dokumen manajemen sistem dari kantor penjaminan mutu tingkat universitas dan/ atau departemen lain, dan kemudian mensosialisasikan ke program studi masing-masing
  3. Membuat instruksi kerja, pedoman atau form yang diberlakukan terbatas pada program studi masing-masing dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan tim penjaminan mutu tingkat universitas.
  4. Menjadi pendamping saat proses audit dilakukan di program studi masing-masing
  5. Menjadi auditor program studi lain sesuai dengan jadwal audit yang dikoordinir oleh penjaminan mutu tingkat universitas
  6. Bersama pimpinan program studi melakukan persiapan akreditasi/ reakreditasi
  7. Melakukan koordinasi dengan pimpinan program studi terkait tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi