World Mental Health Day 2016: Psychological First Aid

Hari Kesehatan Mental Sedunia (HKMS) jatuh pada setiap tanggal 10 Oktober. Setiap tahunnya, hari khusus ini diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu kesehatan mental serta meningkatkan dukungan terhadap kesehatan mental.

Tahun ini, Fakultas Psikologi UC memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan melakukan berbagai aktivitas. Bersama dengan fakultas psikologi yang lain, seluruh civitas akademika PSY UC mengenakan pin iCare yang menunjukkan tema HKMS tahun ini, Psychological First Aid (PFA). PFA adalah pertolongan pertama yang dapat kita lakukan kepada orang-orang yang terlihat sedang sedih, butuh teman bicara, punya masalah, dll. PFA dapati dilakukan dengan 1) Look: peka melihat sekitar kita; 2) Listen: mendekati dan mendengarkan cerita mereka; dan 3) Link: menghubungkan mereka dengan solusi terbaik, seperti bantuan profesional.

whatsapp-image-2016-10-11-at-9-42-30-pme

Keterampilan memberikan Psychological First Aid ini perlu diasah sehingga pada Selasa, 11 Oktober 2016 yang lalu, para mahasiswa membawa volunteer non-mahasiswa PSY yang bersedia mengikuti proses konseling. Melalui praktek konseling tersebut, para mahasiswa memberikan support dan perhatian kepada klien mereka.

whatsapp-image-2016-10-11-at-9-41-24-pme

Tak hanya itu, volunteer yang mereka bawa juga diberikan pengarahan mengenai kesehatan mental oleh Pak Wisnu dan Ibu Jenny selaku dosen pengampu mata kuliah Psikologi Konseling. Hal ini bertujuan agar mereka memahami perlunya kesehatan mental dan psikologi.

Selain itu, dalam rangka HKMS 2016, Student Union of PSY UC juga mengadakan Mental Health Awareness Seminar. Berlangsung pada Kamis, 13 Oktober 2016, 25 orang peserta mengikuti seminar dengan pembicara Ibu Cicilia Evi, GradDiplSc., M.Psi.

Menurut Ketua Pelaksana seminar ini, Jessie (PSY 2015), “Selain diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia 2016, seminar ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran warga UC, khususnya mahasiswa, soal pentingnya kesehatan mental.”

bu-cicil-menjelaskan

Pada seminar ini, Ibu Cicilia Evi menekankan pentingnya mental health, isu-isu yang ada, serta bagaimana meningkatkan mental health kita. Materi yang dibawakan beliau mendapatkan apresiasi dari para peserta.

dsc02187e

Hadir pula pada kesempatan tersebut adalah perwakilan dari Rumah Pemulihan Abigail. Rumah Pemulihan Abigail ini merupakan yayasan yang membina para wanita yang mengalami stres dan depresi. Selain diundang untuk dapat memperoleh ilmu, Rumah Pemulihan Abigail ini juga akan menjadi partner SU of PSY UC dalam kegiatan mereka yang berikutnya.

dsc02211e

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *