Understanding Consumer Behaviour through Consumer Research

Pada tanggal 16 Oktober lalu, mahasiswa psikologi yang mengikuti mata kuliah psikologi konsumen kedatangan salah satu pembicara yaitu Ferdy Herdi Hartanto yang merupakan manajer dari Markplus Consulting Marketeers Surabaya.

Dalam seminar yang bertema “Understanding Consumer Behaviour through Consumer Research”, pak Ferdy membagikan tentang bagaimana memenangkan konsumen melalui pemasaran. Hal mendasar yang perlu dipahami oleh seorang pemasar adalah kebutuhan manusia yang terus berkembang sesuai perkembangan yang berjalan begitu pesat, dimana kebutuhan manusia sekarang berada di zaman teknologi.

Beliau menjelaskan bahwa ada 2 jenis behavior konsumen, tradisional dan digital. Tradisional merupakan jenis konsumen yang berangkat dari aware, attitude dan act, sementara digital merupakan jenis konsumen yang berangkat dari aware, appeal, ask, act dan advocate.

Dengan perkembangan zaman yang berada di rana teknologi, pemasar bisa dengan mudah mencapai konsumen yaitu melalui sosial media. Beliau juga mengatakan bahwa kita sering tidak menyukai adanya kritik dari konsumen, namun sebenarnya hal yang perlu kita takuti adalah ketika konsumen tidak memberikan komentar atau kritik, karena hal ini menunjukkan bahwa konsumen tidak akan kembali.

Dalam kuliah tamu ini, mahasiswa terlihat begitu antusias dalam memberikan pertanyaan seputar pemasaran, karena seperti yang kita tau hal tersebut penting untuk mata kuliah Entrepreneurship yang membutuhkan marketing skill untuk memasarkan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *