The Role of Wellness

The Role of Wellness

Kalau akhir-akhir ini lagi tren tentang gaya hidup sehat dengan makan seimbang dan olahraga teratur, ada aspek lain yang juga nggak kalah penting untuk diaplikasiin, yaitu tentang kesehatan mental. Mental kita juga bisa sakit dan butuh dijaga baik-baik, lho! Sebenernya kesehatan mental itu apa sih? Kesehatan mental itu merupakan sebuah kondisi ketika mental kita merasa aman dan nyaman, yang akhirnya ketika semua elemen ini bersatu akan menciptakan wellness.

Pada Kamis, 25 April 2019 lalu, lagi-lagi Universitas Ciputra, khususnya Fakultas Psikologi mengadakan kuliah tamu mengenai psikologi positif dengan topik The Role of Wellness: A Positive Psychology Model yang disampaikan oleh Ibu Dr. Nur Laela Efendi, S.Psi., M.Psi.. Selama kegiatan berlangsung, banyak materi yang beliau sampaikan terkait wellness. Wellness merupakan sebuah kondisi ketika manusia sehat tidak hanya secara fisik saja, tetapi batin dan pikiran juga. Atau secara ilmiahnya, wellness merupakan kesehatan tingkat tinggi, di mana potensi kesehatan manusia berfungsi secara maksimum dan imbang dengan lingkungan. Kalau udah semuanya sehat, mau ngapain aja jadi tenang, nyaman, dan damai.

Apa aja sih faktor-faktor wellness? Faktor wellness secara internal terdiri dari faktor biologis, psikologis, dan kognitif. Dan kognitif, dan faktor eksternal terdiri dari lingkungan, pendapatan, pendidikan, keluarga, teman, kepercayaan, gaya hidup, dukungan sosial, dan kepuasan kerja. Oiya, manfaat dari wellness ini meliputi mengurangi kolestrol, menyehatkan hati, pikiran dan raga, mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan, meningkatkan kemampuan beradaptasi, serta meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu hal yang menarik perhatian selama acara adalah peserta diminta untuk melakukan segala hal dengan mindful supaya mencapai tahap wellness. Sederhananya, mindfulness ini berarti bahwa kita melakukan sesuatu tanpa berpikir. Nah lho, jadi bingung kan? Tanpa berpikir tapi kok namanya mindful? Jadi, mindfulness ini sebuah proses di mana seluruh tubuh dan pikiran kita teringrasi untuk memperhatikan dan merasakan segala hal pada saat ini dan di tempat ini. Konsepnya adalah “right here, right now”.

 

Tanya jawab dari mahasiswa

 

Tertarik untuk mempraktekkannya? Yuk latih diri kita untuk melihat segala hal dari sisi positifnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *