Jurusan psikologi adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang jiwa dan perilaku manusia. Jadi, bisa dikatakan bahwa salah satu bidang keilmuan ini mempelajari tentang manusia. Mulai dari segi sosial, tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya atau dari sisi seseorang berperilaku terkait di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Jadi, ketika kamu memilih jurusan psikologi ini, mahasiswa akan diajak untuk meneliti pemikiran seseorang serta mencari tahu alasan dibalik perilakunya. Artinya mahasiswa akan mempelajari latar belakang tentang manusia, bahwa manusia merupakan makhluk yang unik dan setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tentu setiap manusia akan merespon berbeda-beda tergantung pengalaman, pengetahuan, perasaan, dan berbagai faktor penentu lainnya.

Terdapat beberapa peminatan dari jurusan psikologi ini. Mulai dari Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, serta Psikologi Perkembangan. Mata kuliah yang akan kamu pelajari nantinya, tergantung dengan peminatan fokus bidang yang kamu ambil.

Kenapa Memilih Jurusan Psikologi?

Bagi kamu yang sedang tertarik di jurusan psikologi ini, mungkin kamu bertanya-tanya apa yang membuat kamu tertarik memilih jurusan psikologi? Nah, disini kami akan membahasnya kenapa memilih jurusan psikologi.

Psikologi merupakan bidang ilmu yang unik, karena mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia. Bidang ini juga memiliki profesi yang disebut dengan “Psikolog dan Psikiater”. Lapangan pekerjaan untuk lulusan Psikologi juga terbuka lebar. Belajar psikologi, kamu akan memahami perilaku dan keperibadian tiap manusia. Bisa dikatakan bahwa ilmu ini adalah ilmu yang mempelajari pikiran orang lain serta mampu mempengaruhi orang lain. Jadi, kalau kamu tertarik dalam bidang yang mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia bahkan lebih kompleks dari itu, jurusan psikologi adalah jurusan kuliah yang tepat kamu pilih.

Keuntungan yang Diperoleh dari Lulusan Psikologi

  1. Perusahaan swasta, instansi pemerintah, dan BUMN pastinya akan membutuhkan lulusan Psikologi pada bagian personalia untuk membantu melakukan penerimaan pegawai baru, mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi, serta menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan bagi pegawai.
  2. Lulusan psikologi memiliki fungsi asesmen yang kuat, karena orang yang berkuliah di jurusan ini memiliki ilmu dalam memetakan personil berdasarkan potensi dan karakternya.
  3. Lulusan psikologi juga bisa mendirikan sendiri klinik psikolog atau perusahaan jasa konsultasi psikologi, dengan begitu kamu adalah seorang HR Consultant. Kamu bisa menawarkan jasa konsultasi lewat platform online, sosial media, dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa HR untuk SDM nya.
  4. Lulusan Psikologi yang berkecimpung sebagai HR consultant juga mengisi berbagai pelatihan maupun pengembangan keterampilan karyawan dalam perusahaan. Cara ini seperti seorang mentor yang memberikan stimulasi positif kepada karyawan di dalam perusahaan.
  5. Lulusan Psikolog ini juga sangat dibutuhkan dalam instansi pemerintah seperti Lembaga Perlindungan Anak, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan banyak lembaga lainnya.

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Jurusan Psikologi kerjanya apa? Mungkin banyak diantara orang yang bertanya, termasuk kamu. Nah, bagi kamu yang mendambakan karir di bidang konseling, ada banyak sekali peluang kerja bagi lulusan psikologi, baik itu di perusahaan swasta, instansi pemerintah, industri, dan rumah sakit, itu semua membutuhkan seseorang dari lulusan psikologi.

Beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti dalam jurusan ini adalah bidang HRD atau Human Resource Development, bidang rekruiter, assesor, dan bidang pelatihan. Lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai konsultan karir, konsultan pendidikan, maupun tenaga pendidik seperti guru dan dosen.

Jadi, kalau kamu tertarik dalam bidang jurusan psikologi ini, mulailah memilih kampus idaman kamu dan pilih konsentrasi bidang yang menarik bagi kamu.

Menu