Ternyata Ini Beberapa Faktor yang Sering Menjadi Penyebab Depresi

Ternyata Ini Beberapa Faktor yang Sering Menjadi Penyebab Depresi

Depresi bisa menyerang siapa saja dari segala usia. Penyebab depresi juga berbeda-beda bagi setiap orang. Akan tetapi, ternyata ada beberapa hal umum yang menjadi penyebab depresi. Apa saja sih penyebabnya?


https://unsplash.com/photos/L7JGC_bgWyU

Kurangnya nutrisi

Pola makan yang buruk ternyata dapat menyebabkan depresi dalam berbagai cara. Kurangnya vitamin dan mineral diketahui sebagai penyebab gejala depresi. Makanan yang memiliki kandungan omega-3 yang rendah dan gula yang tinggi juga dapat menyebabkan depresi.

Stres akibat masalah hidup: penyebab depresi paling umum

Masalah hidup yang membuat stres berlebihan adalah penyebab depresi yang paling sering ditemukan. Tingginya hormon kortisol saat stres dapat mempengaruhi serotonin dan dapat memicu munculnya depresi.


Rasa sedih akibat kehilangan

https://unsplash.com/photos/7KHCNCddn2U

Seseorang yang berduka akibat ditinggal orang yang disayang, kebanyakan mengalami gejala-gejala yang mirip dengan depresi. Sulit tidur, hilang nafsu makan, dan malas beraktivitas adalah respon yang wajar akibat kehilangan. Akan tetapi, bila gejala-gejala ini tidak kunjung hilang, bisa jadi rasa sedih telah berubah menjadi depresi.

Hormon wanita

Riset menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terhadap depresi. Hal ini disebabkan oleh faktor hormonal wanita. Wanita menjadi sangat rentan terhadap gangguan depresi ketika mereka menstruasi, melahirkan, dan perimenopause. Risiko depresi pada wanita akan menurun setelah mereka mengalami menopause.

Ketidakseimbangan zat kimia pada otak

Depresi diyakini disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam neurotransmiter yang terlibat dalam pengaturan suasana hati atau mood. Apabila neurotransmiter tertentu kekurangan pasokan, maka dapat menyebabkan gejala yang dikenal sebagai depresi klinis.

Masalah kesehatan fisik

https://unsplash.com/photos/5tPaCHseeWE

Jika kita mengalami masalah kesehatan fisik, kita juga mungkin mengalami perubahan pada kesehatan mental. Stres akibat penyakit kronis dapat memicu depresi berat. Selain itu, penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid, penyakit addison, dan penyakit hati juga dapat menyebabkan gejala depresi.

Itu dia beberapa penyebab umum yang dapat menimbulkan depresi. Kalau kamu merasakan stres berkepanjangan dan gejala-gejala depresi lainnya, jangan takut untuk berkonsultasi ke psikolog, ya!

Disadur dari

  1. https://www.verywellmind.com/common-causes-of-depression-1066772

Translated and modified by Lyana Nurtari Putri, Content Writer Riliv

Konten ini merupakan kerjasama antara Fakultas Psikologi Universitas Ciputra dengan Riliv. Riliv adalah startup konseling online dengan psikolog nomor 1 di Indonesia. Riliv senantiasa mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental mereka. Kunjungi http://riliv.co/rilivstory untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *