Superhero Around Us : Psychopreneur in Action 2014

Sebagai agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ciputra, di tahun 2014 ini, Psychopreneur in Action (PIA) kembali digelar pada 1-2 November 2014. Mengusung tema ‘Superhero around us’, PIA 2014 kali ini memiliki konsep yang agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

rsz_img_0696

Ketua Acara dalam pembukaan PIA 2014 hari pertama

Jika biasanya hanya dibuka 3 cabang lomba, di tahun ketujuhnya ini, ada 4 perlombaan yang bisa diikuti oleh siswa-siswa SMA dan umum se Jawa Timur dan Bali, yaitu : The Wiseman (Psychodebate tingkat SMA), The Challengers (Rally Games tingkat SMA), The Boogeyman (Dance Competition), dan The Shutterman (Psychosnap Photography Competition).

Di hari pertama, digelar pertandingan penyisihan dan semifinal The Wiseman, bertempat di Universitas Ciputra.Dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra, Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., PhD., Psi., dan dilanjutkan dengan pertandingan The Wiseman babak penyisihan.

Babak Penyisihan The Wiseman

Babak Penyisihan The Wiseman

Pertandingan demi pertandingan berlangsung seru. Di hari pertama, SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim A, SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim B, SMAN 15 Surabaya, dan SMA IPH berhasil masuk ke babak semifinal.  Pertandingan semifinal akhirnya meloloskan duet SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim A dan SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim B, untuk maju ke babak final di hari kedua.

Dewan juri The Shutterman sedang memberi penilaian

Dewan juri The Shutterman sedang memberi penilaian

Hari kedua jauh lebih meriah. Digelar di Atrium Mall Lenmarc Surabaya, di hari kedua ketiga cabang lomba lainnya digelar. Dimulai dengan pembukaan oleh Pembina Kemahasiswaan HIMA Psikologi UC, Andrian Liem, M.Psi., Psi., dan sambutan oleh ketua HIMA Psikologi UC, Tasia Puspasari. Hasil karya peserta The Shutterman dipamerkan di atrium Lenmarc Mall, dan para pengunjung dapat memberi vote untuk hasil jepretan favoritnya.

The Challenger (rally game)

The Challengers serius menyelesaikan quest

Peserta The Challengers atau Rally Game antusias mengikuti permainan-permainan dan tantangan yang harus mereka selesaikan. Dengan antusias dan penuh semangat, tim-tim dari berbagai sekolah se Jawa TImur Bali ini berlari-larian dari pos ke pos lainnya, yang ditempatkan dibagi menjadi beberapa region di Lenmarc Mall mulai lantai 1-3. Mereka diberi kesempatan selama kira-kira 3 jam untuk menyelesaikan semua quests alias tantangan.

Selagi peserta The Challengers asyik berburu dengan waktu, peserta The Boogeyman atau Dance Competition juga sudah mulai beraksi. Ada yang special dari ajang The Boogeyman ini. Berkat dukungan dari sponsor utama PIA 2014, Coffee Toffee, tim-tim dance yang berpartisipasi di The Boogeyman boleh bangga, karena mereka berkesempatan untuk dinilai oleh salah satu dancer dari AgnezMo, yaitu Reza Muhammad, yang juga menjadi salah satu dewan juri. Reza sudah lebih dari 10 tahun berkiprah menjadi dancer penyanyi internasional tersebut.

Salah satu performance dari peserta The Boogeyman

Salah satu performance dari peserta The Boogeyman

Yang unik, pada The Boogeyman, tim tidak hanya berkompetisi menunjukkan koreografi yang sudah mereka latih, tetapi juga ada sesi battle antar tim yang bisa menambah poin plus bagi tim yang memenangkan battle.

Tidak hanya peserta dan pendukungnya, para pengunjung Lenmarc Mall pun turut memadati Atrium Lenmarc untuk menyaksikan keseruan battle dance tersebut. Apalagi, tim juri pun tidak mau kalah dengan menunjukkan kebolehan mereka untuk menari juga. Semakin lengkap, ketika The Boogeyman diakhiri dengan talkshow oleh Reza Muhammad yang membagikan pengalamannya selama berkecimpung di dunia dance.

Setelah lomba dance dan rally game, hari kedua PIA 2014 dilanjutkan dengan final The Wiseman atau lomba debat. Dengan mempertandingkan SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim A dan SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim B. Meskipun masih duduk di bangku SMA, ternyata tidak menghalangi kedua tim untuk mempersembahkan perdebatan yang luar biasa dan cukup menarik.

Finalis The Wiseman

Finalis The Wiseman

Berbekal wawasan dan argument-argumen kritis kedua tim, pertandingan pun semakin menarik diikuti. Dinilai oleh 5 juri sekaligus yang terdiri dari dekan fakultas psikologi, Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A, Ph.D., Psi, Kepala Program Studi Psikologi, Cicilia Larasati, M.Psi., Psi., Natalia Widi, S.Psi., Kefas Alfando S,Psi., dan Putri Ayu. Ketiga juri yang disebut terakhir merupakan alumni sekaligus anggota dari tim debat psikologi UC yang sudah seringkali mengikuti dan memenangkan berbagai kompetisi debat nasional.

PIA 2014 diakhiri dengan pengumuman pemenang dari masing-masing cabang lomba. The Shutterman dimenangkan oleh Alfian Nur Rahman sebagai juara umum dan Gilbert Soenjaya sebagai juara favorit.

Sponsor Pendukung PIA 2014

Sponsor Pendukung PIA 2014

The Boogeyman dimenangkan oleh Tim ‘Diva’, The Challengers dimenangkan oleh Tim dari SMA Cita Hati dan SMA St. Carolus. dan terakhir, The Wiseman dimenangkan oleh SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim A (Tim Cherwyn) sebagai juara 1 dan SMAK Saint Louis 1 Surabaya tim B (Tim Feli). PIA 2014 diakhiri dengan performance energik dari Big Dance Crew Universitas Ciputra. Sampai jumpa, di PIA 2015!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *