Summer School di Taiwan : 11 Hari Penuh Kenangan

Summer School di Taiwan : 11 Hari Penuh Kenangan

Taiwan, sang negri Formosa yang terletak Asia Timur dan bertetangga dengan Jepang, Korea, dan China ini memiliki luas area sekitar 36,193 . Taiwan sendiri rasanya juga sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, gerai bubble milk tea yang bertebaran di segala penjuru shopping mall di Indonesia ini berasal dari Taiwan. Tak hanya itu saja, ayam fillet goreng dengan taburan lada dan bumbu lainnya yang sangat digemari khalayak pun juga dari Taiwan, lho.

 

Seluruh mahasiswa Universitas Ciputra bersama dosen pendamping dan mahasiswa CYUT

 

Nama Formosa yang dalam bahasa latin bermakna indah ini dirasa begitu tepat untuk Taiwan. Dari ujung utara hingga ujung selatan dapat ditempuh dengan hanya 7 jam perjalanan darat, Taiwan menawarkan begitu banyak keindahan dan pesona alamnya. Seperti Sun Moon Lake, Penghu, Chisang, dan masih banyak lagi.

Pada tanggal 20 – 30 Agustus 2018 lalu, 15 mahasiswa Universitas Ciputra beserta 1 dosen pendamping dari Universitas Ciputra berkesempatan untuk berkunjung ke Taiwan mengikuti program summer school yang diselenggarakan oleh Language Center dari Chaoyang University of Technology, Taichung. Mahasiswa yang tergabung berasal dari berbagai jurusan mulai dari Psychology, International Business Management, Culinary Business, dan juga Fashion Design and Business. Mahasiswa dari jurusan Psychology yang mengikuti kegiatan ini antara lain adalah Timothy (PSY 2015), Hana (PSY 2017), dan Reyna (PSY 2017). Selama 11 hari di Taiwan, para mahasiswa mendapat kesempatan untuk merasakan budaya Taiwan dan juga menjadi orang lokal melalui berbagai kegiatan, seperti mengikuti Chinese class, kung fu class, membuat kipas tradisional, mengunjungi Lukang, Wufeng Lin Family house, Sun Moon Lake, Fengjia Night Market, Yi Zhong Night Market, National Taichung Teather, Taroko Mall, Shinkong Mitsukoshi Mall, serta membuat dumpling tradisional.

Hana (PSY 2017) dan Reyna (PSY 2017) sedang serius mengerjakan soal placement test bahasa Mandarin

Belum lengkap rasanya kalau belum nyobain bubble milk tea di tempat asalnya! 😀

Di hari pertama, tim dari Chaoyang University of Technology menjemput tim dari Universitas Ciputra di bandara Taoyuan dan membawa kami ke Taichung yang memakan waktu 2 jam perjalanan darat menggunakan bus. Keesokan harinya, kami diajak berkeliling kota Taichung mulai dari Shinkong Mitsukoshi Mall hingga Fengjia Night Market. Kita sangat senang, karena kebetulan Chaoyang University of Technology terletak di distrik Wufeng dan berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota.

Salah satu kegiatan favorit para mahasiswa Universitas Ciputra selama di Taiwan adalah berkunjung ke Yi Zhong Night Market, karena memang pasar malam ini tak hanya lengkap mulai dari makanan hingga pakaian, tapi juga besar dan dekat dengan shopping mall. Kalau merasa gerah bisa “numpang” deh ke shopping mall untuk mendinginkan diri atau sekedar berteduh dari hujan. Cuaca Taiwan yang tergolong sangat lembab menyebabkan aktivitas outdoor yang dilakukan pada malam hari pun menjadi kurang nyaman. Juga, selama di sana hujan selalu menyambut entah pagi, siang, sore, maupun malam hari. Umbrella is everyone’s life savior.

Suasana di salah satu sudut Yi Zhong Night Market

11 hari mengabiskan waktu di Taiwan sungguh luar biasa dan pengalamannya begitu membekas. Para guru serta mahasiswa dari Chaoyang University of Technology luar biasa baik, ramah, dan membantu. Terima kasih Taiwan untuk pengalaman 11 harinya. Terima kasih pula Chaoyang University of Technology serta Universitas Ciputra akan kesempatannya. Taiwan will surely be missed!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *