Serunya FGD Bareng Anak-Anak Kalam Kudus

Serunya FGD Bareng Anak-Anak Kalam Kudus

Masa SMA atau yang bahasa kerennya masa putih abu-abu digadang-gadang sebagai masa terindah. Masa di mana masih bisa bebas main dan nongkrong sama temen-temen tanpa harus mikirin hari esok, katanya. Dibalik segala keseruan masa SMA, tetap saja tak bisa lepas dari segala permasalahan yang ada. Mulai dari segi pertemanan seperti bullying, kekerasan pada berpacaran remaja, serta segala transisi dan perubahan di usia remaja yang mampu menghadirkan masalah dan tantangan bagi perkembangan remaja.

Mengetahui hal ini, dalam mata kuliah Social Psychology and Interventions yang diampu oleh Ibu Novensia Wongpy, S.Psi, M.Psi., Psikolog., atau yang akrab disapa Bu Noven, mahasiswa PSY UC 2017 pada 22 Februari 2019 berkesempatan untuk berkunjung ke SMA Kristen Kalam Kudus yang berlokasi di Jalan Kupang Jaya. SMA Kristen Kalam Kudus merupakan SMA yang ada di bawah naungan Yayasan Kalam Kudus Indonesia dan masih satu afiliasi dengan Gereja Kristen Kalam Kudus serta Sekolah Alkitab Asia Tenggara (SAAT).

Dalam kunjungan ini, mahasiswa tak hanya sekedar bertegur sapa dan dan berbagi cerita dengan para staff pengajar dan siswa saja, tetapi mahasiswa juga melakukan Focus Group Discussion (FGD) sesuai dengan topik yang mereka angkat. Ada yang bertopik bullying, wellbeing, self-concept, dan lain sebagainya. Tak hanya FGD saja, mahasiswa juga melakukan observasi dan membagikan kuisioner guna memperdalam informasi yang dibutuhkan.

Kegiatan berjalan dengan sangat menyenangkan. Siswa SMA Kristen Kalam Kudus terlihat sangat antusias menyambut mahasiswa PSY UC 2017 dan juga ikut aktif dalam kegiatan. “Kegiatan ke Kalam Kudus ini bermanfaat banget buat aku sebagai mahasiswa, aku bisa nerapin langsung materi di kelas dan turun ke lapangan. Interaksi sama siswa di sana juga seru, semoga anak-anak Kalam Kudus bisa dapet manfaat dari kunjungan kita” ujar Natalie PSY 2017. PSY 2017, good job! Semoga semakin banyak kegiatan bermanfaat lainnya.

Referensi :

http://kalamkudusindonesia.org/ykki/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *