Revolusi Industri 4.0: Learn, Unlearn, and Relearn!

Revolusi Industri 4.0: Learn, Unlearn, and Relearn!

Akhir-akhir ini, khalayak cukup dihebohkan dengan adanya revolusi industri 4.0. Konon katanya, di masa yang akan mendatang sumber daya manusia akan tergantikan oleh robot atau bahasa kerennya Artificial Intelligence. Yang menjadi pertanyaan besar di sini adalah, apakah manusia, khususnya masyarakat Indonesia, siap akan perubahan ini?

Pada Kamis, 21 Maret 2019 silam, Dr. Aswin Januarsyaf, M.M., Psi. datang ke Universitas Ciputra Surabaya untuk mengisi Kuliah Tamu khususnya pada jurusan psikologi mengenai peran psikologi dalam big data. Kuliah Tamu diawali dengan penjelasan beliau mengenai perkembangan revolusi industri di dunia dan juga tantangan yang dihadapi manusia di masa mendatang yang meliputi complex problem-solving skills, social skills, process skills, system skills, dan cognitive abilities. Diperlukan strategi dan cara khusus yaitu dengan learn, unlearn, dan relearn. Learn meliputi mempelajari hal-hal baru yang dibutuhkan di masa mendatang, unlearn dikhususkan bagi generasi yang sudah cenderung senior untuk menyisihkan ego dan meninggalkan cara kuno, dan relearn untuk belajar kembali hal-hal yang dibutuhkan sesuai perkembangan zaman.

Dalam bidang psikologi, peran psikologi adalah dalam proses pengolahan data riset, di mana semakin canggih zaman, pengolahan data pun juga semakin canggih. Bahkan, hasil riset tak melulu berupa data statistika angka saja. Di kemudian hari, foto serta video juga dapat dianalisa dan dijadikan data riset. Menarik, bukan?

Di akhir sesi acara, Dr. Aswin juga menegaskan bahwa transformasi yang sedang terjadi sekarang ini bukan transformasi digital, melainkan transformasi inteligensi yang meliputi teknologi, jaringan, serta budaya. Semakin canggih teknologi manusia juga harus lebih berhati-hati terhadap digital footprints atau jejak digital. Be a wise technology user, psyers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *