Psikologi Kesurupan: Bukan Karna Kemasukan Roh Halus

Psikologi Kesurupan: Bukan Karna Kemasukan Roh Halus

Apakah anda pernah mendengar istilah kesurupan? Kesurupan biasanya dikaitkan dengan adanya roh-roh halus yang masuk ke dalam diri manusia dan mengambil alih jiwanya.

Namun, ternyata pemahaman ini belum cukup tepat karena dilandasi oleh asumsi dan budaya maskarakat saja. Pada Kamis, 8 November 2018, PSY UC kedatangan narasumber yang dapat memberi pemahaman lebih dalam tentang kesurupan ditinjau dari dimensi psikologis. Beliau adalah Siswanto , S.Psi., M.Si., Psikolog yang juga merupakan dosen psikologi di Universitas Soegijapranata Semarang. Beliau juga sudah menulis buku yang berjudul “Psikologi Kesehatan Mental. Awas Kesurupan!” dan sempat menjadi best seller di kala itu.

Siswanto , S.Psi., M.Si., Psikolog selaku dosen tamu

Beliau menyimpulkan bahwa individu yang sedang mengalami kesurupan adalah individu yang sedang sakit atau mengalami gangguan mental disosiatif. Kesurupan dalam hal ini merupakan manifestasi dari kepribadian yang sedang rapuh atau sedang dalam tekanan sehingga individu menekan hal yang mengancam ke dalam area bawah sadarnya. Seketika itu area kesadarannya pun berkurang.

Dinamika psikologis individu yang mengalami kesurupan dikaitkan untuk memenuhi fungsi kebutuhan tertentu. Contoh saya kejadian kesurupan massal di sebuah SD saat Ujian Nasional. Fenomena ini dapat terjadi karena kondisi murid sedang merasa stress, tertekan, rapuh, atau terancam sehingga dikeluarkan dalam bentuk kesurupan sebagai upaya keluar dari masalahnya. Individu yang sedang tertekan ditambah lingkungan yang tidak sehat dan tidak mendukung akan memperkuat kesurupan terjadi.

Dengan pemahaman secara psikologis tentang kesurupan, diharapkan mahasiswa, dosen, dan khalayak yang mengikuti kuliah tamutersebut dapat lebih mengerti dan memperhatikan kesehatan mental sekitarnya agar kesurupan ini tidak terjadi.

Foto bersama narasumber dengan peserta kuliah tamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *