Produk Inovasi Psikologi Universitas Ciputra

Salah satu Mata Kuliah berbasis Projek di Fakultas Psikologi Universitas Ciputra adalah Psychology Innovation Project. Mata kuliah ini mengajarkan kepada para anak didiknya untuk menerapkan secara nyata teori-teori Psikologi ke dalam bentuk inovasi yang nyata. Hasil karya ini dibuat sesuai dengan kategori usia (anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia) yang dibuat secara bertahap tiap semesternya.

 

Berikut adalah hasil karya mahasiswa/i Fakultas Psikologi semester5, dimana mereka membuat prototype produk inovasi bagi kalangan remaja yang telah mereka jual ke pasaran.

 

Kelompok 1 DOT (Dare of Truth Games Card)

Permainan Truth or Dare yang dikemas dalam bentuk kartu dan berinovasi dengan menyesuaikan budaya Indonesia dan dibuat ber-tema anak muda.

Salah satu contoh kartu DOT

Desain Packaging DOT

Kelompok 2 it’s me snapback

Topi kepribadian lewat penggunaan kata-kata sebagai label dari topi

Topi dengan desain mover dan leader

Kelompok 3 book of mine

buku tulis yang di dalamnya mempunyai halaman mengenai pengenalan diri, psikotes popular, identitas diri, ruang kosong untuk refleksikan diri

Cover book of mine

Bagian dari buku book of mine

Kelompok 4 a secret life (training and life coaching)

Training dan bimbingan mengenai cara untuk membuat hidup lebih sukses

 

Kelompok 5 YOLO Surprise Organizer

EO acara Surprise untuk membuat kejutan sesuai dengan tipe kepribadian korban surprise

Bagian dari video YOLO

 Meeting with Clien

Penawaran yang diberikan oleh tim YOLO

Kelompok 6 iCase 

Cashing gadget dan glass skin yang di dalamnya terdapat gambar dan juga kata-kata inspirasi 

Desain Skin Iphone

Kelompok 7  diet dash program 

Program diet dengan dilengkapi cara olahraga serta menu diet yang tepat

Buku program diet

 Salah satu isi buku program diet

Kelompok 8  story of you

Novel visual interaktif, dimana didalamnya terdapat adegan di tengah-tengah cerita yang memuat mengenai pengambilan keputusan pada remaja.

Judul buku interaktif

Salah satu bagian buku

Bagian belakang novel interaktif

Kelompok 9 black and gold

kaos kepribadian dengan warna kaos menginspirasi dan kata-kata yang terkait dengan karakter si pemakai baju tersebut.

Desain kaos Black and Gold

Lewat pembelajaran PIP ini, para mahasiswa/i dibekali secara nyata untuk menjadi seorang Psychopreneur yang tidak hanya mengkonsep, namun juga mewujudnyatakan suatu barang yang memiliki unsur Psychology dan juga menjual barang tersebut kepada masyarakat.

Psychopreneur, when Psychology meets Entrepreneurship ^^