Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghadapi Ujian

Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghadapi Ujian

Ibu Stefani Virlia, S.Psi., M.Psi., Psikolog sedang mengisi acara

Ujian selalu menjadi beban bagi sebagian siswa, mulai dari adanya tuntutan dari segi proses belajar, tuntutan untuk mendapatkan nilai yang bagus dari orang, maupun tuntutan-tuntutan lainnya. Tak sedikit kasus nahas yang terjadi ketika menjelang ujian, seperti salah satunya adalah bunuh diri. Sebetulnya, ada banyak sekali cara yang mampu dilakukan untuk menghindari peristiwa malang ini, salah satunya adalah dukungan dari sekolah.

Pada Kamis, 28 Maret 2019 silam tim Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Surabaya berkunjung ke Universitas Ciputra untuk berdiskusi bersama Ibu Stefani Virlia, S.Psi., M.Psi., Psikolog mengenai peran guru dalam memotivasi siswa menghadapi ujian. Seperti yang sudah diketahui, pada awal April 2019, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Indonesia akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Maka dari itu, diperlukan sinergi yang positif antara pihak sekolah dengan siswa. Lantas, peran apa saja yang dapat dilakukan guru dalam memotivasi siswa menghadapi ujian?

  1. Memberikan pemahaman mengenai pentingnya belajar

Guru harus mampu memberi penjelasan kepada siswa mengenai motivasi mereka menghadapi ujian. Motivasi ini dapat berupa motivasi secara intrinsic, identified, extrinsic, dan introjected. Motivasi intrinsic dan identified berhubungan dengan rasa ingin tahu, ketekunan, komitmen, dan menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan motivasi extrinsic, dan introjected merupakan motivasi secara eksternal, di mana individu akan lebih mudah menyerah, sering merasa cemas, dan melakukan sesuatu atas dasar terpaksa.

2. Meningkatkan efikasi diri siswa

Ajak siswa untuk learn from your try out result, learn from others, dan self-talk.

3. Membimbing siswa untuk membuat target dan komitmen

Mengajak siswa menanamkan komitmen, “if you commit to nothing, you are distracted by everything”.

4. Membantu siswa untuk melakukan manajemen stres yang baik

Guru harus mampu mengenali dan menggali sumber stres yang dihadapi siswa serta dampak yang ditimbulkan.

Setelah mengetahui peran yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa, berikut tips untuk mendampingi siswa menghadapi ujian:

  1. Mengembangkan gaya belajar yang efektif bagi siswa.
  2. Melakukan mentoring secara rutin.
  3. Menekankan prinsip “gagal, pelajari, coba lagi”.
  4. Memberi pengertian bahwa belajar adalah proses sepanjang hayat dan penting untuk masa depan.

“Tujuan pendidikan adalah kemajuan pengetahuan dan penyebaran kebenaran”

John F. Kennedy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *