Pentingnya Focus Group Discussion dalam Penelitian

Pentingnya Focus Group Discussion dalam Penelitian

Focus Group Discussion (FGD) merupakan salah satu teknik pengumpulan data dengan cara berdiskusi untuk memperoleh informasi dan sudut pandang satu dan lainnya (Afiyanti, 2008). Pada Jum’at, 19 Oktober 2018 lalu, PSY UC berkesempatan mengadakan kuliah tamu dalam mata kuliah Psikologi Konsumen bagi angkatan 2017 yang diampu oleh Dr. Jimmy Ellya Kurniawan, S.Psi., M.Si., Psikolog. dan Kuncoro Dewi Rahmawati, S.Psi., M.Psi. Psikolog. Kuliah tamu ini dibawakan oleh Ibu Amelia Sidik atau biasa dikenal dengan Lia Sidik, seorang ekspert di bidang branding dan industri kreatif.

Ibu Lia Sidik sedang membawakan materi

Pada kesempatan itu, Ibu Lia membagikan kisahnya menangani berbagai klien dan juga memberikan banyak sekali tips mengenai Focus Group Discussion atau diskusi kelompok terfokus yang akan dilaksanakan mahasiswa PSY UC 2017 di waktu yang mendatang. Kelas Ibu Lia sangat inspiratif dan memberi banyak insight baru terutama perihal pentingnya faktor psikologis dalam branding dan bagaimana menggunakan teori-teori psikologi dalam aplikasinya di kehidupan dan dunia kerja. “Kuliah tamunya seru, dapet banyak info baru terutama tips FGD yang bener itu yang kayak gimana” ujar Anggi (PSY UC 2017).

Berpose bersama

 

Referensi

Afiyanti, Y. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(01), 58-62.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *