PENGENALAN JURUSAN PSIKOLOGI ANGKATAN 2019: TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

PENGENALAN JURUSAN PSIKOLOGI ANGKATAN 2019: TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Pada tanggal 26-27 Agustus 2019, mahasiswa baru Universitas Ciputra Fakultas Psikologi angkatan 2019 mengikuti kegiatan pengenalan jurusan. Kegiatan ini bertujuan agar setiap mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru mengenai lingkungan kampus terutama di dalam lingkup Fakultas Psikologi, serta dapat saling mengenal satu sama lain.

Hari pertama dimulai dengan perkenalan yang dibungkus dalam bentuk games. Trainee diminta untuk mengumpulkan tandatangan mahasiswa, dosen, dan staf Fakultas Psikologi. Mereka diberi kertas yang berisi tentang ciri-ciri mahasiswa, dosen, dan staf Fakultas Psikologi, lalu mereka diharuskan untuk menebak siapakah orang tersebut. Tandatangan akan diberikan setelah mereka berhasil menebak ciri-ciri orang terkait. Kegiatan kedua yaitu presentasi singkat oleh Bapak Dr. Jimmy Ellya Kurniawan, M.Si., Psikolog. selaku Dekan Fakultas Psikologi, yang menjelaskan tentang bidang masing-masing dosen psikologi serta publikasi apa saja yang telah dibuat oleh para dosen.

Kegiatan selanjutnya yaitu penjelasan mengenai academic route yang disampaikan oleh Ibu Novensia Wongpy, M.Psi., Psikolog. dan Ibu Stefani Virlia, M.Psi., Psikolog. Beliau menjelaskan tentang kurikulum, mata kuliah, dan proses akademik yang akan trainee jalani mulai dari semester satu hingga delapan. Kelompok keilmuan psikologi juga turut memberikan penjelasan mengenai masing-masing perannya, yang disampaikan oleh ketua dari masing-masing kelompok keilmuan.

Masih di hari pertama, 3 orang alumni Fakultas Psikologi Universitas Ciputra berkesempatan untuk menceritakan pengalaman mereka sebagai lulusan psikologi dalam dunia kerja. Tidak melulu menjadi HRD, lulusan psikologi juga bisa menjadi seorang entrepreneur. Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh Ibu Livia Yuliawati, M.A., Ph.D. tentang goal setting. Trainee diminta untuk menuliskan ekspektasi saat masuk Fakultas Psikologi UC, target, serta harapan untuk kedepannya. Setelah itu, dibagi kelompok untuk mentoring bersama kakak mentor. Kegiatan penutup pengenalan jurusan yaitu academic & social adjustment, dilakukan oleh mentor, SU (Student Union), dan trainee. Kegiatan ini berupa sesi sharing mengenai nilai IPK, kegiatan kemahasiswaan, organisasi, dan lain sebagainya.

Di hari kedua, kegiatan diawali dengan ice breaking berupa games. Selanjutnya kakak mentor bertugas untuk menjelaskan tentang study skill, berupa penjelasan mengenai cara memparafrase suatu kalimat dalam jurnal, cara menghitung IPS dan IPK, serta penjelasan mengenai gaya belajar. Trainee diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ibu Novensia dan Ibu Ayu berkaitan dengan penjelasan surat izin, KRS, dan informasi beasiswa.

Sesi berikutnya yaitu perkenalan SC, SRB, UKM, penjelasan mengenai KP, dan diakhiri dengan perkenalan SU. Trainee diminta untuk berfoto dengan SU perdivisi lalu di upload di story Instagram mereka masing-masing. Kegiatan pengenalan jurusan diakhiri dengan foto bersama dan juga pembacaan hasil vote “Kakak Ter-…” yang telah dipilih oleh trainee pada waktu ishoma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *