Penanaman Pendidikan Seks Sejak Dini

Penanaman Pendidikan Seks Sejak Dini

Salah satu tahap perkembangan manusia adalah tahap remaja. Tahap remaja adalah tahap dimana anak-anak mulai mengalami fase pubertas yaitu fase terjadinya kematangan pada fisik yang berlangsung secara cepat dan menyebabkan pertumbuhan hormonal (Santrock, 2012). Kondisi pertumbuhan tersebut menyebabkan masa remaja tak hanya seputar perubahan fisik, namun juga perubahan seksualitas remaja. Remaja mulai ingin tahu terhadap sesuatu yang tidak diketahuinya dan memulai eksplorasi secara mandiri. Apabila perilaku remaja tidak diawasi dengan baik, hal ini dapat menimbulkan terjadinya kenakalan remaja.

Dewasa ini, kenakalan remaja marak terjadi. Salah satunya adalah kenakalan yang berkaitan dengan seks bebas. Kurangnya pendidikan tentang seks membuat anak menjadi penasaran dan mencoba untuk mencari tahu informasi itu sendiri, sehingga dapat menyebabkan ia terjerumus menuju pergaulan yang salah. Peran orangtua dipercaya sangat penting dalam membantu anak untuk pertumbuhan dan perkembangan seksualitas anak. Oleh karena itu, pendidikan seks yang baik dan benar hendaknya diterapkan oleh orangtua kepada anak sejak dini.

Melihat adanya permasalahan ini, pada Jumat, 12 April 2019, Bapak Ersa Lanang Sanjaya, S.Psi., M.Si. atau kerap disapa Pak Ersa mengadakan sebuah talkshow tentang Penanaman Sex Education pada Remaja yang dihadiri oleh orangtua siswa SMP Xin Zhong, Surabaya. Pak Ersa menyampaikan beberapa hal terkait pendidikan seks, di mana orangtua diberi pembekalan materi supaya bisa diajarkan kepada anaknya. Selain itu, dibahas juga tentang fenomena kenakalan remaja, masalah perkembangan remaja, pubertas, hingga bagaimana cara yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu perkembangan anaknya.

Acara tersebut dimulai dengan penyampaian materi oleh Pak Ersa, yang disertai beberapa data penelitian beliau. Dapat dikatakan bahwa acara berjalan lancar dari awal hingga akhir, dan ditutup oleh sesi tanya jawab yang menjadi penanda berakhirnya talkshow tersebut.

 

Daftar Pustaka
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development 13th Ed. Jakarta: Penerbit Erlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *