Pemilihan Karier: Uang Semata atau Prinsip Nilai?

Pemilihan Karier: Uang Semata atau Prinsip Nilai?

Sejatinya tak hanya perihal jurusan saja yang umum dikhawatirkan remaja SMA, tetapi juga mengenai pekerjaan, karir, dan masa depan. Pada tanggal 27 Agustus 2019 lalu, Ibu Livia Yuliawati, S.Psi., M.A., Ph.D. atau yang akrab disapa Bu Livia dan Bapak Ersa Lanang Sanjaya, S.Psi., M.Si atau kerap disapa Pak Ersa mengisi seminar bertema Impactful Career Choice di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama antara tim marketing Universitas Ciputra dan PSY UC.

Bu Livia dan Pak Ersa ditemani dengan beberapa mahasiswa PSY UC berbagi materi mengenai pekerjaan dan karier. Bagaimana kedua hal ini merupakan sesuatu yang beda. Pekerjaan berorientasi terhadap membuat orang lainbahagia, sedang karier membuat diri kita bahagia. Siswa SMA Katolik St. Louis 1 juga diminta untuk mengisi kuisioner mengenai value diri mereka dalam pemilihan karir dan mengisi tabel tentang significant others mereka atau siapa saja yang memiliki implikasi positif dalam pencapaian tujuan.

Di kesempatan ini Bu Livia beserta Pak Ersa menekankan bahwa dalam memilih karier, kita harus mempertimbangkan hal lain selain uang semata, karena merancang karier bagai merancang hidup. Pilihlah karier yang bermakna dan berdampak positif bagi sekitar, tentunya juga yang membuat diri kita bahagia. Jadi, bagaimana kamu ingin dikenang ketika mati nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *