Orangtua = Contoh, Belajar Parenting itu Penting

Anak mencontoh perilaku orangtuanya. Perilaku orangtua yang kurang positif dapat ditiru anak dan membentuk karakter yang negatif. Ada juga kasus di mana antara pemberian kasih sayang tidak seimbang dengan aturan atau disiplin. Oleh karena orangtua ingin menunjukkan kasih sayang, kadang-kadang orangtua tidak menanamkan batasan sehingga anak tidak pernah belajar untuk mengendalikan keinginan. Akibatnya anak bisa sampai memaksa orangtua untuk menuruti keinginannya.

Maka dari itu, orangtua harus mampu memberikan contoh yang baik pada anaknya. Antara kedua orangtua pun harus konsisten dalam melakukan sesuatu. Selain itu, penting bagi orangtua untuk menyeimbangkan kasih sayang dengan disiplin.

Hal inilah yang disampaikan Ibu Jenny Lukito Setiawan, M.A., PhD. dalam kelas parenting Bakti Sosial SMAK St. Louis 1 Surabaya, pada Minggu, 2 Oktober 2016. Acara yang diselenggarakan oleh BK dan Ikatan Alumni Sinlui ini dihadiri oleh para orangtua anak PAUD di sekitar sekolah tersebut.

parenting-sinlui

Dimulai sekitar pukul 08.20 pagi, para orangtua pertama diajak untuk menonton film bersama. Melalui film tersebut, diharapkan para orangtua memahami bahwa banyak karakter anak di dalam film muncul oleh karena pola asuh orangtua yang kurang tepat. Setelah menonton film, orangtua diberi kesempatan untuk berpendapat mengenai apa yang menyebabkan anak memiliki karakter tertentu. Kemudian, Ibu Jenny menyampaikan pembahasan dan materi secara interaktif kepada mereka.

parenting-sinlui2

Menurut Ibu Jenny, kegiatan yang beliau isi ini adalah kegiatan yang sangat baik. Orangtua yang menjadi peserta sangat aktif, antusias, serta tidak segan untuk mengemukakan pendapat mereka. Beliau juga mengapresiasi para Bapak yang juga bersedia hadir untuk mengikuti kelas tersebut. “Ada beberapa ayah yang juga ikut aktif diskusi, padahal biasanya ayah jarang ikutan hal-hal yang terkait dengan parenting.” Ibu Jenny menekankan bahwa parenting membutuhkan kerja sama dari ayah dan ibu sang anak sehingga keduanya pun perlu aktif dalam belajar mengenai parenting. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *