Mengintip Serunya Psychopreneur Research & Creativity Festival 2.0

Psikologi tidak pernah terlepas dari yang namanya penelitian (research). Para ilmuwan psikologi selalu berusaha mengembangkan ilmu psikologi dengan melakukan penelitian. Oleh karena itu, sejak duduk di bangku kuliahan, para mahasiswa Psikologi UC didorong untuk merancang dan melakukan research. Melalui mata kuliah-mata kuliah research, para mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi seorang peneliti. Selain itu, untuk meningkatkan iklim penelitian di Psikologi UC, setahun sekali diadakan research week di lingkungan Psikologi UC.

dsc03514e

Acara Psychopreneur Research and Creativity Festival 2.0 diadakan pada tanggal 1-2 Desember 2016. Bertempat di Universitas Ciputra, acara ini diikuti oleh para dosen dan mahasiswa PSY UC, maupun civitas akademika UC. Pada acara ini, disajikan total 38 presentasi poster, 16 presentasi oral, 10 produk inovasi psikologi, dan key note speech. Presentasi-presentasi tersebut berisi penelitian yang telah dilakukan mahasiswa pada mata kuliah riset selama 1 semester terakhir. Di samping itu, penelitian yang telah maupun sedang dijalankan dosen juga ditampilkan.

dsc03574e

Hari pertama diisi dengan pameran produk inovasi serta presentasi poster penelitian Penelitian Kuantitatif dan Research Proposal di Prefunction Lantai 7 UC. Mahasiswa PSY 2013 & 2014 turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka banyak mendapat saran dan kritik dari pengunjung yang datang.

dsc03644e

Acara makin panas ketika hari kedua, di mana diadakan parallel session, yang terdiri atas:

  • Symposium dari mahasiswa Skripsi (tema: Well-Being in Marital and Economic Life)
  • Symposium dari mahasiswa Research Proposal (tema: Enhancing Wellness in Social and Organizational Community)
  • Oral Presentations dari Center for Mental Health, Educational, and Developmental Psychology (tema: Mental Health in Various Settings)
  • Oral Presentations dari Center for Consumer, Organizational, Industrial, and Social Psychology  (tema: Towards Health and Responsive Adolescents in Relational, Sexual, Spiritual, and Economical Settings)

dsc03630e

Setelah parallel session berakhir, semua peserta Psychopreneur Research and Creativity Festival 2.0 berkumpul di Teater UC untuk mendengarkan Keynote Speech dari dekan Fakultas Psikologi UC, Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog. Pada kesempatan ini, beliau membagikan pengalamannya mengikuti konferensi internasional pada bulan Juli 2016. Beliau juga mendorong para mahasiswa untuk mengikuti konferensi agar tugas penelitian yang telah mereka buat dapat dibagikan dan berguna bagi khalayak yang lebih luas.

Keynote Speech session oleh Prof. Jenny L.S.

Kemudian, di akhir acara, dibacakanlah penerima penghargaan dari 4 kategori mata kuliah riset.

Ketua Pelaksana, Pak Jony Eko Yulianto, S. Psi., M.A. membacakan nama-nama penerima penghargaan

Ketua Pelaksana Psychopreneur Research and Creativity Festival 2.0, Pak Jony Eko Yulianto, S. Psi, M.A., mengaku senang dengan acara yang sudah terselenggara. Beliau cukup senang bahwa dengan kegiatan ini, mata kuliah riset bisa mempunyai satu visi yang sama. “Ini merupakan ide kreatif kita ketika raker dua tahun lalu. Akhirnya tiap tahun (dilaksanakan).” Selain itu, “Saya juga senang karena banyak mahasiswa yang mulai pede mempresentasikan hasil penelitiannya. Ya, saya tahu sih secara metodologi kalau banyak hal yang harus dikembangkan, tapi kita gak akan pernah berani kalau kita tidak pernah nyoba. Dan, mereka berani.”. Hal ketiga yang membuat beliau senang ialah dukungan penuh dari pimpinan sehingga dalam koordinasi menyiapkan acara, tidak ada kesulitan berarti yang ditemui.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *