Mempelajari Penelitian Kualitatif Bersama Ibu Wiwin Hendriani

Mempelajari Penelitian Kualitatif Bersama Ibu Wiwin Hendriani

Menjadi seorang mahasiswa psikologi tentu tidak asing dengan yang namanya penelitian. Salah satu bentuk penelitian yang umumnya dilakukan oleh mahasiswa adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang dilakukan dengan mengikuti paham naturalistik dimana penekanan utamanya berada pada diri peneliti1.

Untuk lebih memahami tentang penelitian kualitatif, diadakan kuliah tamu oleh Ibu Dr. Wiwin Hendriani, S.Psi., M.Si. pada 13 November 2019 silam, yang dihadiri oleh mahasiswa psikologi UC angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Design and Analyses in Qualitative Research. Ibu Wiwin memberikan materi tentang analisis data dalam penelitian kualitatif. Beliau menjelaskan tentang perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif, ragam pendekatan kualitatif, hingga teknik pengambilan data kualitatif.

Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan tentang perbedaan antara studi kasus dan fenomenologi. Pada studi kasus, posisi peneliti berada di luar subjek yang diteliti, karena peneliti harus memiliki wawasan yang luas terhadap penelitian yang ia lakukan. Lain halnya dengan fenomenologi, posisi peneliti lebih mengarah pada pengalaman subjek penelitian dibanding terpacu pada teori. Dapat disimpulkan bahwa studi kasus sifatnya lebih theory driven sedangkan fenomenologi kurang ramah teori.

Di akhir sesi kuliah tamu, Ibu Wiwin memberikan beberapa rekomendasi software yang bisa digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Selain itu, beliau juga memberikan kesempatan bagi masing-masing penelitian mahasiswa psikologi UC untuk menyampaikan penelitian kualitatif yang sedang mereka lakukan saat ini.

 

 

Daftar Pustaka

1Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1), 127-138.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *