Memilih Jurusan? Worry no More!!

Memilih Jurusan? Worry no More!!

Jenjang SMA selalu diidentikkan dengan berbagai pertanyaan, salah satunya “ Setelah lulus SMA, mau kuliah apa? Di mana?”. Banyak sekali fenomena mahasiswa galau gara-gara salah jurusan, dan tak sedikit pula para siswa SMA yang lebih galau perihal pemilihan jurusan. Memilih jurusan untuk kuliah memang bukanlah hal yang  mudah. Bagaimanapun, kita tak bisa melepas fakta bahwa sedikit-banyak kuliah akan berpengaruh terhadap masa depan.

Pada 12 Desember 2018 lalu, salah satu dosen PSY UC, yaitu Bapak Ersa Lanang Sanjaya, S.Psi., M.Si atau yang akrab disapa Pak Ersa, berkesempatan untuk mengisi seminar di SMA Santa Maria Surabaya. Topik seminar yang dibawakan seputar memilih jurusan dan prospek kerja. Menurut Pak Ersa, hal yang paling penting dalam menentukan jurusan adalah kita harus mengenali diri kita terlebih dahulu. Mengenal diri ini bentuknya bisa berbagai macam, salah satunya mengenali minat serta bakat kita.

Merasa tidak memiliki minat dan bakat? Jangan khawatir! Ada alat ukur RIASEC yang dapat digunakan untuk mengukur minat. Banyak pula tes gratis di internet terhadap bakat, salah satunya tes yang dapat menggolongkan bakat kita ke 8 bagian. 8 bagian yang dimaksud ini adalah multiple intelligence! Yup, jadi manusia tuh bakatnya macam-macam. Ada yang bakatnya musik, kinestetik (olahraga), linguistik, matematika, visual spasial, interpersonal (hubungan dengan sesama), intrapersonal (hubungan dengan diri sendiri), dan naturalistik.

Lalu, setelah mengetahui minat dan bakat, apa selanjutnya? Ya itu pilihan. Pilihan kita untuk mengikuti minat kita atau bakat kita, atau bisa saja minat dan bakat hasilnya sama. Yang paling penting adalah kita harus selalu berusaha, memperhitungkan resiko, dan melakukan hal yang bisa membuat diri kita bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *