MEMBANTU ANAK DENGAN TERAPI BERMAIN DI SEMESTER OPENING

Awal semester selalu identik dengan rasa semangat untuk memulai perjalanan baru di semester baru. Awal semester di PSY UC juga selalu dibuka dengan adanya semester opening yang diadakan pada tanggal 5 September 2019 lalu. Semester opening semester gasal tahun ajaran 2019/2020 ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Stefani Virlia, S.Psi., M.Psi., Psikolog. selaku Kepala Program Studi Psikologi UC. Beliau menjelaskan tentang informasi akademik terkait perkuliahan selama satu semester ke depan, prestasi mahasiswa PSY, dan juga peraturan-peraturan akademik. Semester opening yang dihadiri oleh civitas akademik psikologi, baik dosen, staff, mahasiswa, dan alumni ini berjalan dengan baik.

Dalam kegiatan ini, Fakultas Psikologi UC mengundang Bapak Yudi Hartanto, Certified Play Therapist, sebagai pembicara seminar yang bertemakan “Helping Children with Play Therapy”. Sesi pertama dimulai dengan penjelasan mengenai 3 kebutuhan dasar anak-anak yaitu acceptance, appreciation, dan affirmation. Beliau juga menjelaskan tentang strategi yang salah dalam menghadapi anak yang memiliki gangguan emosi dan perilaku; asesmen psikologi yang dapat mengetahui kondisi emosi, behavior, hiperaktif, dan pro sosial pada anak; hingga penjelasan mengenai terapi untuk membantu anak yang membutuhkan medication. Sesi kedua diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Pada sesi kedua, beliau menjelaskan seputar international play therapy. Tidak hanya itu, dilakukan juga sebuah roleplay dengan mahasiswa PSY yang bertujuan agar para mahasiswa dapat lebih memahami materi yang telah disampaikan dan bisa melihat langsung bagaimana cara beliau dalam menghadapi anak yang membutuhkan pertolongan beliau. Sesi kedua juga diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Acara semester opening diakhiri dengan penyerahan cinderamata perpisahan oleh Ibu Stefani, dan foto bersama seluruh hadirin yang mengikuti kegiatan semester opening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *