Lebih Dekat dengan Pasien Gangguan Jiwa: Kuliah Kunjungan ke RSJ Menur

Lebih Dekat dengan Pasien Gangguan Jiwa: Kuliah Kunjungan ke RSJ Menur

Pada 26 Oktober 2018 dan 2 November 2018, Fakultas Psikologi Universitas Ciputra melakukan kuliah kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa Menur. Kunjungan ini merupakan bagian dari pembelajaran di mata kuliah psikopatologi dan abnormalitas untuk mahasiswa semester 5. Kali ini yang berkunjung adalah mahasiswa PSY UC 2016 dengan bimbingan Ibu Stefani Virlia, M.Psi., Psikolog dan Ibu Novensia Wongpy, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Kegiatan di RSJ Menur terdiri dari 3 aktivitas utama, yaitu pembekalan, hospital tour, dan interview dengan pasien.

Pertama, kegiatan pembekalan dilakukan saat mahasiswa tiba di RSJ pertama kali. Mereka mendengar presentasi dari dokter setempat tentang pengenalan gangguan jiwa berat, peran RSJ dalam menangani gangguan tersebut, serta berbagai macam treatment gangguan jiwa barat.

Kegiatan pembekalan oleh dokter setempat

Kedua, mereka diajak untuk mengelilingi RSJ menur untuk mengamati fasilitas dan divisi atau klinik yang tersedia disana. Beberapa divisi atau klinik antara lain rawat jalan, klinik anak, klinik pecandu narkoba, serta terdapat bangsal pasien.

Hospital Tour dengan petugas setempat sebagai guidenya

Terakhir, mahasiswa melakukan interview dengan pasien. Interview dilakukan dengan membagi mahasiswa menjadi 2 kelompok dan interview selama 15-20 menit. Dengan pengawasan petugas setempat, mahasiswa bebas terarah dalam berinteraksi dengan pasien. Hal ini sangat baik dilakukan untuk menambah pengalaman nyata mahasiswa terhadap pengetahuan tentang gangguan kesehatan mental yang selama ini hanya dipelajari di kelas saja. Contohnya saja kisah lucu dari salah satu mahasiswa ketika berinteraksi dengan pasien, yaitu seorang pasien mengatakan terdapat kucing dan dia menunjukannya kepada mahasiswa dengan bangga padahal nyatanya hal ini tidak ada. Dengan pengalaman ini, mahasiswa bisa mengamati simtom dari pasien tersebut yaitu adanya halusinasi dan delusi.

Interview dengan pasien yang dilakukan dengan ramah dan bersahabat oleh mahasiswa

“Pengalaman berkunjung ini adalah pengalaman yang berkesan. Semoga RSJ Menur dapat membuka kesempatan magang kepada mahasiswa non-kedokteran, seperti Sarjana Psikologi karena disini mahasiswa bisa lebih belajar observasi secara klinis ditambah pengalamannya interview dengan pasien sehingga mereka bisa menambah wawasan tentang treatment yang mutakhir terkait gangguan kesehatan mental,” ujar Ibu Stefani Virlia, M.Psi., Psikolog selaku salah satu dosen pengampu mata kuliah psikopatologi dan abnormalitas.

Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk kritis melihat pengembangan yang bisa dilakukan terhadap RSJ Menur. “Menyenangkan sekali karna bisa bertemu dengan orang-orang yang sebenarnya perlu kita tolong. Kedepannya dengan kunjungan ke menur ini kita bisa melihat improvement apa yang bisa kita lakukan untuk institisi. Salah satu improvement yang saya tangkap adalah pengembangan suasana RSJ yang lebih ramah dan menyenangkan,” tambah Zita Mugen (PSY UC 2016).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *