Learning in Times of Pandemic

Learning in Times of Pandemic

 

Photo by J. Kelly Brito on Unsplash

Pandemi Covid-19 membuat semua sekolah berhenti melakukan kegiatan belajar secara offline. Dampaknya, semua sarana pembelajaran bermigrasi ke sarana pembelajaran daring atau yang biasa disebut online learning platform. Sarana seperti Zoom dan Google Classroom menjadi ramai dipakai.

Pembelajaran secara daring menimbulkan pro dan kontra di antara masyarakat. Sebagian percaya bahwa pembelajaran daring akan kurang kondusif jika dibandingkan dengan dengan pembelajaran konvensional. Namun sebagian lagi percaya bahwa kedepannya akan tercipta sistem pembelajaran hybrid yang memiliki banyak manfaat. Terlepas dari pro dan kontra tersebut, memang timbul beberapa kendala dalam belajar secara daring. 

Beberapa kendala yang dialami murid adalah faktor eksternal seperti jaringan internet yang kurang reliabel serta perangkat yang kurang memadai. Faktor lain seperti kesiapan murid dalam mengikuti metode pembelajaran baru, manajemen waktu dan kesulitan untuk fokus selama belajar juga turut berkontribusi. Untuk mengatasi kendala eksternal, pemerintah telah mengusahakan untuk memberi subsidi berupa kuota belajar, serta perangkat belajar untuk mereka yang tidak mampu. 

Untuk mengatasi hambatan internal, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan selagi kalian belajar di rumah:

1. Lakukan active learning!

Belajar secara daring memungkinkan kita memiliki waktu lebih banyak untuk belajar. Penelitian menyatakan bahwa memberikan highlight pada teks, membaca ulang atau menghafal bukan termasuk teknik active learning dan tidak banyak meningkatkan hasil belajar. 

  • Kamu bisa membuat peta konsep untuk menjelaskan materi tersebut
  • Membuat quiz secara personal, buat pertanyaan dan jawabannya. Kamu dapat menggunakan aplikasi atau website seperti Quizlet, Quizizz

2. Hindari multi-tasking!

Banyak penelitian yang mengindikasikan bahwa multitasking tidak meningkatkan efekivitas dan menurunkan kualitas hasil. Selama belajar di rumah, kurangilah distraksi seperti sosial media, browsing internet, dan bermain game saat belajar. 

Photo by Firmbee.com on Unsplash

3. Ajari orang lain

Cobalah jelaskan materi dengan bahasamu sendiri. Kamu dapat melakukan ini bersama teman atau kelompok belajarmu, juga bersama dirimu sendiri. Kamu bisa berpura-pura sedang mengajar di depan kelas, gunakan contoh dan buatlah hubungan antara masing-masing konsep. 

4. Kuasai Kalendermu!

Tentu kegiatanmu selama pandemi tidak hanya belajar, bukan? Kamu juga harus meluangkan waktu untuk keluarga, berorganisasi, dan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengatur jadwal mu. Beberapa langkah di bawah bisa kamu terapkan:

  • Buatlah rencana mingguan pada hari yang sama tiap minggunya (misal Sabtu malam)
  • Pada jadwal kelas, tuliskan apa yang ingin kamu selesaikan pada jam itu
  • Lihatlah kalendermu dan tentukan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Untuk menentukan waktunya, jadilah realistis, karena kamu juga butuh waktu untuk berisirahat. 
  • Kelompokkan tugas-tugasmu sesuai dengan jenisnya, misal mengirim email dikelompokkan dengan tugas administratif lain seperti mengatur reminder.
  • Sebelum tidur, buatlah rencana aktivitas besok. Bangun dengan sebuah rencana bisa membuatmu lebih produktif. 

Hal-hal di atas adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar bisa meningkatkan kualitas belajar, terlebih selama belajar online. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas lebih banyak tentang academic stress, mulai dari penyebab sampai tips untuk mengatasinya! Stay tune!

 

Referensi

Amir, L. R., Tanti, I., Maharani, D. A., Wimardhani, Y. S., Julia, V., Sulijaya, B., Puspitawati, R. (2020). Student perspective of classroom and distance learning during COVID-19 pandemic in the undergraduate dental study program Universitas Indonesia. BMC Medical Education, 20(392), 1-8. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02312-0 

Junco, R., & Cotten, S. R. (2012). No A 4 U: The relationship between multitasking and academic performance. Computers & Education, 59(2), 505-514. 

Mackenzie, A. M. (1994). Examination preparation, anxiety and examination performance in a group of adult students. International Journal of Lifelong Education, 13(5), 373-388. 

https://learningcenter.unc.edu/tips-and-tools/studying-101-study-smarter-not-harder/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *