Kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

Kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

Rumah sakit jiwa adalah rumah sakit yang dikhususkan untuk perawatan gangguan mental serius. Umumnya, rumah sakit jiwa adalah tempat untuk proses rehabilitasi secara terpadu. Salah satu rumah sakit jiwa yang terdapat di Kota Surabaya adalah Rumah Sakit Jiwa Menur, yang terletak di Jalan Raya Menur nomor 120 Surabaya.

Pada 21 November 2019 silam, mahasiswa Psikologi UC mengunjungi Rumah Sakit Jiwa Menur dalam rangka kunjungan mata kuliah Psychopathology and Abnormality. Teman-teman mahasiswa mendapatkan informasi dari dr. Surya mengenai permasalahan pasien-pasien dengan gangguan jiwa. Menurut dr. Surya, mayoritas pasien yang berada di RSJ Menur adalah pasien dengan kondisi penyakit gaduh gelisah. Beliau mengungkapkan bahwa terakhir kali beliau mendapatkan pasien dengan penyakit tersebut, tingkat keparahannya hingga menusuk istri dan dirinya sendiri dengan pisau.

Beliau menjelaskan bahwa umumnya dokter mendiagnosa pasiennya dengan cara amnesis dan observasi. Amnesis adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan antara dokter dan pasien yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyakit yang sedang diderita oleh pasien. Di RSJ Menur, jangka waktu rawat inap pasien yang paling lama adalah tiga minggu. Tidak ada pasien inventaris atau pasien yang menahun lamanya di rawat di RSJ Menur. Selain itu, pihak rumah sakit juga berusaha memberikan psikoedukasi baik kepada pasien maupun keluarga. Informasi yang diberikan adalah seputar jenis sakit yang dialami, berapa kali harus minum obat, dan sebagainya. RSJ Menur juga sering memberikan penyuluhan untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai kesehatan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *