Kunjungan HTBSC Singapura: Meninjau Isu Bom Surabaya

 

Tim dari Singapura berfoto bersama para dosen dan mahasiswa

Pada 18 Februari 2019 silam, tim Home Team Behavioral Science Centre (HTBSC) berkunjung ke Universitas Ciputra Surabaya. HTSBC merupakan pusat penelitian dan pelatihan di bawah naungan Ministry of Home Affairs. Tim HTBSC tak sendirian, dalam kunjungan ini tim dari MSF (Ministry of Social and Family Development) dan MOE (Ministry of Education) turut serta hadir bersama.

Sebenarnya, ada apa sih mereka datang ke Surabaya khususnya Universitas Ciputra? Tim HTBSC datang untuk meninjau lebih jauh akan fenomena bom Surabaya yang terjadi pada bulan Mei 2018 tahun lalu. Seperti yang sudah kita ketahui, pada 13 Mei 2018 silam telah terjadi peristiwa peledakan bom di beberapa gereja di Surabaya, yaitu Gereja Santa Maria Tak Bercela, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, dan Gereja Kristen Indonesia. Peristiwa ini memakan banyak korban dan menimbulkan luka serta trauma bagi warga Surabaya terutama para jemaat gereja, keluarga, dan kerabat.

 

Tim HTBSC bersama mahasiswa

 

Di kunjungan ini, tim HTBSC, MSF, dan MOE berbagi banyak cerita tentang keseruan kegiatan serta pekerjaan mereka di Singapura, ditambah juga dengan presentasi dari 2 kelompok dari PSY UC 2016 yang meneliti fenomena bom Surabaya. Tak lupa tanya jawab diadakan di akhir sesi. Oiya, tim HTBSC juga membuka kesempatan bagi mahasiswa yang tertarik untuk magang dengan topik seputar psikologi forensik, pendidikan, perkembangan, serta klinis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *