Kuliah Tamu Psikologi Ekonomi: Kupas Nilai-Nilai Budaya dan Proses Pengambilan Keputusan di Astra Internasional

Kuliah Tamu Psikologi Ekonomi: Kupas Nilai-Nilai Budaya dan Proses Pengambilan Keputusan di Astra Internasional

Setiap perusahaan memiliki strategi mereka masing-masing untuk mempertahankan kesejahteraan perusahaan dan relasi di dalamnya. Astra Internasional telah berhasil mempertahankan bisnis selama 61 tahun sejak didirikan pada tahun 1957. Pada Oktober 2016, Astra menerima penghargaan sebagai Best Company di Indonesia dari majalah Finance Asia, Hong Kong. Selain itu, perusahaan ini juga kerap kali mendapatkan penghargaan terkait Best Managed Company selama 13 tahun , Best Corporate Governance dalam 10 tahun, Best Corporate Social Responsibility (CSR), dan masih banyak lagi. Dengan track record yang baik, Astra memiliki strategi yang terkait dengan nilai-nilai budaya dan proses pengambilan keputusan yang baik.

Bekerja sama dengan Library Universitas Ciputra, Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (PSY UC) mendatangkan Ibu Theresia Maria Ninawati, S.Psi., M.Psi selaku Recruitment Management Head Astra International untuk mengisi kuliah tamu pada Selasa, 20 Februari 2018. Kuliah tamu ini dihadiri oleh para dosen, staf, dan mahasiswa PSY UC 2016 dan 2017.

Ibu Nina selaku Recruitment Management Head Astra International menjadi pembicara di UC

Ibu Nina membahas budaya Astra yang mengupayakan agar perusahaan bermanfaat bagi bangsa dan negara, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan , menghargai individu dan membina kerja sama, serta senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. Budaya ini dikenal sebagai Catur Dharma. Astra mengimplementasikan budaya ini melalui lomba-lomba dan kampanye terhadap masyarakat. Budaya ini berfungsi sebagai panduan berperilaku, pembeda dengan company lainnya, dan juga mengikat karyawan dengan prinsip kekeluargaan.

Suasana kuliah tamu di Student Lounge

Selain itu, perihal pengambilan keputusan juga sangat penting demi keberhasilan perusahaan. Astra memiliki 5 hal pertimbangan dalam pengambilan keputusan, antara lain kepuasan konsumen, PDCA (Plan, Do, Check, Action), mengutamakan fakta dan data, teamwork, dan excellent action.  “Decision-making di Astra itu mempertimbangkan antara pro dan kontra strategi dengan memperhatikan kepuasan konsumen dan persaingan perusahaan,” ungkap Ibu Nina.

Penampilan dari Resonance menghibur peserta kuliah tamu

Kuliah tamu ini diselenggarakan dengan konsep i’Talk, talkshow yang fun dan interaktif. Opening dan closing kuliah tamu didukung oleh penampilan yang adem dari UKM Band, Resonance. Audience pun aktif melontarkan pertanyaan yang kemudian dijawab dengan ramah oleh Ibu Nina.

Kuliah tamu  ini berhasil memperkaya ilmu peserta. Hal ini diakui oleh dua mahasiswi PSY UC yang mengikutinya. “Kultur Astra sangat menginspirasi dan menariknya ada informasi tambahan tentang persiapan magang di perusahaan besar ini,” ujar Desiana (PSY 2017). Selain itu apresiasi datang juga dari Ola (PSY 2016). “Cukup menarik. Ilmu tentang kulturnya membantu supaya gak shock di dunia pekerjaan. Ternyata setiap perusahaan punya kulturnya masing-masing. Jadi kalau mau cari kerja dan tempat magang harus liat-liat tempatnya cocok apa enggak,” tambahnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *