Kuliah Tamu MK Karir: CV Kreatif di Era Masa Kini

Kuliah Tamu MK Karir: CV Kreatif di Era Masa Kini

Dalam melamar pekerjaan, curriculum vitae atau yang biasa disebut CV bukanlah hal yang asing lagi. CV sangatlah diperlukan bagi pihak perusahaan untuk dapat mempermudah proses evaluasi kompetensi dan bakat pelamar, sehingga perusahaan dapat benar-benar merekrut orang yang sesuai dan dibutuhkan.

Pada 28 November 2019 silam, diadakan kuliah tamu untuk mata kuliah Career Development. Bapak Faizal Dunggio, head of talent acquisition Tiket.com, selaku pembicara menyampaikan materi seputar CV. Beliau membahas tentang revolusi CV dari masa ke masa. CV yang dulunya ditulis dalam lembaran kertas biasa dan monoton, kini bisa disajikan dalam bentuk yang beraneka ragam, mulai dari desain yang unik, hingga CV dalam bentuk video.

Tidak hanya menyampaikan tentang bentuk CV yang kreatif, beliau juga menjelaskan tentang hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam menulis CV. Beliau menganjurkan kepada mahasiswa untuk mencantumkan pengalaman yang relevan dengan bidang pekerjaan yang hendak dilamar. Mahasiswa PSY UC yang mengikuti kuliah tamu diajari untuk membuat CV yang baik, dengan isi yang sesuai, mulai dari demografi, pengalaman, dan kontak yang bisa dihubungi.

Selama sesi, Bapak Faizal membagikan tiket untuk mahasiswa yang aktif bertanya dalam kuliah tamu. Selain itu, beliau juga memberikan study case seperti penjelasan bagaimana culture kerja di Tiket.com, serta beberapa cerita tentang mahasiswa-mahasiswa Universitas Ciputra yang pernah magang dan direkrut menjadi bagian tim Tiket.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *