Konseling, Bukan Sekedar Sesi Curhat

Pada tanggal 5 November lalu, mahasiswa psikologi UC untuk mata kuliah Counseling Psychology, beruntung kedatangan dosen tamu istimewa, Ibu Cicilia Evy, GradDiplSc., M.Psi., Psi. Salah satu psikolog berpengalaman yang concern pada dunia konseling anak. Beliau khusus hadir untuk membagikan asam garamnya sebagai seorang konselor dan memaparkan bagaimana memanfaatkan berbagai tehnik konseling dalam berbagai kasus, beserta tehnik terapi serta etika dalam sesi konseling yang harus dipatuhi.

sisil

Para mahasiswa diajak mendiskusikan kembali apa itu esensi konseling, dan bahasan satu per satu jenis kasus yang mungkin dihadapi klien saat datang ke sesi konseling. Diskusi menjadi semakin seru saat Ibu Evy membagikan kasus-kasus yang pernah beliau tangani sebagai konselor. Banyak kasus unik yang beliau paparkan dan membangkitkan antusiasme seisi kelas.

Mulai dari kasus Obsessive Compulsive Disorder, Elder Hopelessness, hingga kasus Depresi dan Schizophrenia. Beliau juga mensharingkan berbagai tehnik pendekatan dan terapi yang bisa menjadi alternative konselor untuk membantu klien mencapai tujuan konselingnya. Pendekatan psikoanalisis hingga behavioris, kognitif, dan humanis, dikupas tuntas di kelas ini.

“Kita bisa menggunakan pendekatan eklektik atau gabungan, agar bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan unik klien”, ujar Ibu Evy menerangkan.
Tidak hanya dibekali oleh skill tehnik konseling, mahasiswa juga dibekali dengan wawasan akan etika sebagai konselor. Ibu Evy menyampaikan bahwa hal sesimpel cara berpakaian hingga bagaimana menjalin relasi dengan klien di luar sesi konseling harus menjadi perhatian kita sebagai konselor.

“Yang tidak kalah penting, seorang konselor tidak boleh bergosip!”, ucap Bu Evy disambut gelak tawa seisi ruangan.

“Kita boleh mensharingkan kasus dengan rekan sejawat untuk brainstorming intervensi yang tepat untuk kasus klien. Tetapi tetap jaga kerahasiaan identitas klien dan menghormati etika sebagai konselor”, jelas beliau.

Kelas Counseling Psychology yang diampu langsung oleh dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra ini pun berakhir disambut tepuk tangan meriah hadirin atas dedikasi Ibu Evy untuk dunia konseling serta kesediaannya membagi semangat, ilmu, dan pengalamannya kepada mahasiswa Psikologi UC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *