Jangan Biarkan Stres Menguasaimu, Ini 5 Cara Mengatasi Stres!

Jangan Biarkan Stres Menguasaimu, Ini 5 Cara Mengatasi Stres!

Capek banget seharian sibuk sama tugas kuliah di kampus, pulangnya kena macet, sampai kos disambut jemuran yang belum disetrika, mana lupa belum beli makanan untuk makan malam. Pernah ngalami nggak?

Sumber: twenty20.com

Belum lagi mendadak dosen minta tugas kuliah yang deadlinenya seminggu lagi jadi 3 hari lagi. Terus overthinking pacar yang lama nggak balas chat, jangan jangan doi selingkuh?

Atau jangan-jangan doi lagi marah? Aduh, dipikir aja udah bikin stres banget, ribet, rasanya mau kabur saja dari kenyataan.

Eits, kabur dari kenyataan nggak bikin masalahmu selesai dengan sendirinya, dan kamu harus menghadapi masalah dengan berani. Tapi dipikirin aja sudah stres banget, belum dilakuinnya! Nah, yuk simak 5 cara mengatasi stres di artikel ini!

 

Lakukan langkah sederhana; latihan bernapas

Coba pejamkan matamu, tarik nafas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan. Fokuskan pikiranmu dalam menarik nafas dan menghembuskan nafas.

Kemudian, ulangi latihan menarik nafas dan menghembuskan nafas sampai 5 kali. Begitu kamu selesai dan membuka matamu, kamu pasti merasa lebih lega dan bisa berpikir jernih untuk menghadapi masalahmu, satu persatu.

 

Coba berlatih mindfullness

Sumber: bitchmedia.org

Salah satu teknik mindfullness adalah teknik 5 4 3 2 1, yang bisa membuatmu fokus di situasimu sekarang dan berpikir jernih. Caranya, coba fokuskan penglihatanmu pada 5 benda yang bisa kamu lihat, kemudian 4 barang yang bisa kamu pegang.

Lalu, fokuskan pikiranmu pada 3 barang yang bisa kamu dengar suaranya, 2 benda yang bisa kamu cium baunya, dan 1 benda yang bisa kamu rasakan.

Coba deh kamu lakuin selama beberapa menit, berasa lebih lega kan?

 

Ucapkan kalimat afirmasi pada dirimu sendiri bahwa dirimu bisa mengatasi stres

Kamu pasti punya cermin, kan?

Hadaplah ke cermin, dan ucapkan kalimat kalimat afirmasi positif atau “mantra” untukmu sendiri.

Contohnya, “Aku bisa, aku kuat mengatasi semua masalahku!”, “Yuk bisa yuk, aku kan pintar dan rajin!”

Coba ucapkan mantra-mantra buatanmu sendiri setiap hari, kamu akan merasa lebih kuat dan percaya diri dengan kekuatanmu sendiri, termasuk dalam mengatasi stres dan masalahmu.

 

Mendengarkan musik juga salah satu cara mengatasi stres

Sumber: takelessons.com

Jika kamu berada di keramaian dan merasa stres sendiri dengan masalah-masalahmu, bingung mau melakukan apa, coba dengarkan lagu kesukaanmu.

Kamu juga bisa mendengarkan suara-suara yang menenangkan seperti suara hujan, hutan, atau suara burung bercicit.

Kamu pasti akan merasa kecemasanmu perlahan menghilang dan tenang sejenak, sehingga begitu kamu selesai mendengarkan, kamu akan merasa lega dan tahu bagaimana kamu akan mengatasi masalahmu.

 

Bila stresmu sudah terlalu berat dan kamu tidak bisa mengatasinya sendirian, carilah pertolongan

Jika kamu merasa masalah yang kamu hadapi terlalu berat, membuatmu sedih dan tidak tahu mau melakukan apa sepanjang waktu, serta sudah mempengaruhi kehidupan sehari-harimu, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Kamu juga bisa menggunakan Riliv untuk berkonsultasi dengan psikolog secara online, kapan saja dan dimana saja atau dengan mengunjungi Universitas Ciputra Psychological Services Center. Sangat mudah, kan?

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara sederhana mengatasi stres, gampang banget, kan? Caranya simpel dan nggak memakan banyak waktu. Ingat, jangan lari kalau ada masalah, hadapi dengan berani, satu persatu.

 

 

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/all-about-addiction/201904/top-10-ways-eliminate-stress-without-alcohol

 

Written by Awan

A person with various name

 

 

Konten ini merupakan kerjasama antara Fakultas Psikologi Universitas Ciputra dengan Riliv. Riliv adalah startup konseling online dengan psikolog nomor 1 di Indonesia. Riliv senantiasa mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental mereka. Kunjungi http://riliv.co/rilivstory untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *