Ikuti Global Entrepreneurship Booth Camp di Korsel, Siska Hermanto Raih Top 3 Ide Bisnis Inovatif

Ikuti Global Entrepreneurship Booth Camp di Korsel, Siska Hermanto Raih Top 3 Ide Bisnis Inovatif

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (PSY UC) tak hanya jago dalam bidang psikologi, melainkan juga piawai di bidang inovasi dan entrepreneurship. Siska Hermanto (PSY 2015) menambahkan satu prestasi ke deretan pencapaian mahasiswa PSY UC di bidang tersebut. Siska dan kedua temannya memperoleh predikat Top 3 Ide Bisnis Inovatif di 2017 Kangwon Global Entrepreneurship Boot Camp, Korea Selatan.

Siska saat presentasi ide bisnis di 2017 Kangwon Global Entrepreneurship Boot Camp

Booth camp ini diadakan oleh Kangwon National University dan berlangsung pada 17-20 November 2017. Selama kegiatan ini, mahasiswi yang kerap menjuarai lomba debat psikologi ini berkesempatan untuk belajar lebih banyak mengenai pengembangan bisnis start-up. Bersama para peserta yang lain, ia berkeliling ke institusi-institusi di mana teknologi sudah mulai menggeser pekerjaan tenaga manusia dan diajak berpikir mengenai apa yang dapat dilakukan anak muda dengan perkembangan tersebut. Ia juga belajar mengenai business model canvas (BMC) serta ikut dalam permainan-permainan yang menuntut inovasi dan kerja sama tim.

Siska dan rekan-rekan setimnya

Siska dan timnya diminta untuk membuat ide bisnis yang belum ada di Indonesia. Setelah brainstorming dan melakukan survei, mereka memutuskan untuk membuat produk yang bernama 2W (Double Double Washing and Waterproof). 2W adalah produk spray waterproof untuk melapisi kaca. Produk ini dapat digunakan untuk membersihkan kacamata dan kaca jendela mobil. Hebatnya produk yang Siska dan timnya rancang ini memungkinkan air yang mengenai permukaan kaca yang sudah diseprot langsung jatuh dan tidak menempel. Kaca mobil tidak akan buram dan penggunanya juga tidak perlu repot membersihkan kaca.

Pembuatan BMC

Masing-masing anggota tim memiliki keahlian masing-masing yang mereka kontribusikan ke dalam pengembangan ide tersebut, mulai dari farmasi, packaging, hingga teknik informatika. Siska sendiri yang lebih menguasai marketing berperan mengembangkan rencana pemasaran ke Indonesia. Ia juga mewakili kelompoknya untuk presentasi 5 menit mengenai ide produk mereka di depan dewan juri. Hasilnya, ide bisnis 2W terpilih sebagai Top 3 Ide Bisnis Inovatif pada booth camp tersebut.

Siska bersama mahasiswa UC lain yang juga mengikuti boothcamp

Siska mengaku amat senang bisa mengikuti acara booth camp dan mendapatkan prestasi tersebut. “Kesannya wow sih buat aku. Aku dapat banyak channel juga, dan sampai sekarang aku masih kontak dengan teman-teman Koreaku. Kita sharing banyak. Dari kegiatan tersebut aku juga tahu cara magang di sana dan belajar banyak hal yang belum aku dapatkan selama di Indonesia,” ujarnya. Selanjutnya, Siska bersama timnya akan kembali berproses bersama di booth camp yang diadakan di Universitas Ciputra pada bulan Januari 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *