Happiness: With or Without You

Happiness: With or Without You

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan mental dan mempromosikan meditasi sebagai salah satu cara mencapai kesehatan mental, Riliv bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra dalam mengadakan seminar berjudul Happiness: With or Without You yang dihadiri 50-60 peserta. Peserta yang hadir terdiri dari remaja akhir sampai dengan dewasa awal. Seminar yang diadakan pada tanggal 22 Februari 2020 ini dibawakan oleh Ibu Novensia Wongpy, S.Psi., M.Psi., Psikolog. bertempat di Koridor Co-Working Space, Siola, Surabaya.

 

 

Satu minggu sebelum seminar, peserta diminta untuk mengisi google form terlebih dahulu yang bertujuan untuk mengukur tingkat well being mereka dan juga sikap mereka terhadap kesehatan mental. Hasil dari pengukuran ini, dapat digunakan sebagai acuan peserta pada saat seminar supaya peserta terbantu dalam memahami kondisi dirinya sendiri.

Dalam seminarnya sendiri, terdapat beberapa sesi yaitu sesi pemberian materi, sesi tanya jawab, sesi pengisian worksheet, serta sesi meditasi. Materi yang diberikan ada beragam seperti perkembangan manusia, ciri-ciri mental yang sehat, cara mencapai happiness dan kesehatan mental, serta hubungan antara kesehatan mental dan relasi berpacaran. Dalam sesi tanya jawab, peserta diperbolehkan untuk bertanya atau berkonsultasi terkait kasus-kasus yang mereka alami di dalam kehidupan mereka.

 

 

Tak hanya memberikan pengetahuan, seminar ini juga memberikan investasi bagi peserta dengan fasilitas worksheet dan juga meditasi yang diberikan. Worksheet yang dikerjakan peserta dapat dijadikan refleksi diri tentang hal-hal yang terkait kehidupannya, sedangkan meditasi diberikan agar peserta mampu melatih meditasi secara mandiri sehingga mereka dapat meningkatkan kesehatan mental masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *