Gugup di Depan Umum? Coba Lakukan Tips Tampil Percaya Diri Ini

Gugup di Depan Umum? Coba Lakukan Tips Tampil Percaya Diri Ini

Dalam suatu keadaan khusus, kamu pasti pernah dituntut untuk tampil di depan banyak orang. Seperti saat kamu diminta untuk mempresentasikan tugas kuliah atau menampilkan suatu pertunjukkan. Bukan masalah yang besar bagi mereka yang memiliki rasa percaya diri  tinggi untuk tampil di depan umum. Namun, bagaimana dengan kamu yang terkadang merasa kurang percaya diri?

andrewmackay.net

Mungkin kamu pernah terbesit rasa iri dengan teman yang mampu tampil percaya diri. Tapi tenang, kamu pasti bisa menumbuhkan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum. Ingatlah, bahwa setiap orang memiliki proses yang berbeda untuk mencapai suatu hal, seperti halnya untuk tampil percaya diri.

Oke, di kesempatan kali ini Riliv dan PSY UC hadir dengan tips-tips tampil percaya diri di depan umum. Yuk simak baik – baik ya

 

Tips Tampil Percaya Diri Terpenting: Lakukan Latihan Berulang Kali

freepik.com

Tentu saja berlatih itu penting. Dengan berlatih kamu dapat terbiasa melakukan apa yang kamu tampilkan.

Jika itu sebuah presentasi, buatlah poin – poin penting yang perlu kamu katakan. Lalu cobalah berulang kali untuk mempresentasikannya di depan teman yang kemudian kamu bisa meminta pendapat darinya. Jika merasa kurang percaya diri untuk melakukannya di depan teman, kamu dapat berlatih di depan kaca, sehingga kamu dapat melihat refleksimu saat menyampaikan presentasi.

 

Tampilkan Penampilan Yang Terbaik dan Ingat, Bahasa Tubuh Juga Penting

Perhatikan penampilanmu ketika akan tampil di depan umum. Ini dapat membuatmu merasa percaya diri saat kamu yakin bahwa kamu sudah berpenampilan baik.

Your body language may shape who you are

Ya, bahasa tubuh itu penting. Lakukanlah kontak mata saat kamu tampil untuk berbicara di depan umum. Pastikan kamu berdiri dengan postur tegap dan tidak menunduk. Selain itu, ketika kamu berbicara di depan umum, cobalah untuk menggerakkan tubuhmu seperlunya, misalnya dengan mengangkat tangan atau gerakan lainnya.

 

Tips Tampil Percaya Diri, Kamu Harus Berbicara Dengan Perlahan, Jelas dan Jangan Terburu-Buru

jomat.co.za

Ketika akan tampil di depan umum biasanya kita ingin segera menyelesaikannya, dan melaluinya. Tidak peduli seperti apa penampilan kita.

Nah itulah yang terjadi pada mereka yang kurang persiapan dan tidak percaya diri. Terburu – buru dalam menyampaikan sesuatu malah akan membuatmu merasa tidak nyaman dan mungkin apa yang kamu tampilkan atau bicarakan di depan umum akan menjadi kurang maksimal.

Lalu bagaimana caranya? Jangan orientasikan dirimu pada bagaimana kamu melaluinya, tapi orientasikan pada bagaimana kamu melakukannya dan apakah orang lain mampu menangkap maksud dari apa yang kamu tampilkan.

Kemudian, buatlah dirimu berbicara perlahan dan jelas. Karena berbicara terlalu cepat atau dengan nada rendah dapat membuatmu terlihat kurang percaya diri. Ini juga membuatmu rentan untuk mengatakan hal-hal yang tidak kamu maksudkan.

 

Mengantisipasi Kemungkinan Kejadian Yang Tidak Diharapkan Saat Tampil Di depan Umum

Dalam beberapa kejadian, seseorang mungkin dapat merasa gugup atau panik saat terjadi hal yang tidak diharapkan ketika tampil di depan umum. Maka, cobalah untuk mengantisipasi hal tersebut.

Misalnya saat presentasi, proyektor tiba-tiba tidak menampilkan slide. Kamu bisa mengantisipasinya dengan membawa catatan penting atau dengan menghafal apa yang ada pada slide yang akan kamu presentasikan

 

Menjadi Percaya Diri Membutuhkan Proses, Maka Nikmatilah Proses Itu

Kamu tidak harus menjadi percaya diri saat ini juga. Ketahuilah, bahwa setiap orang memiliki proses yang berbeda untuk menjadi percaya diri dan melakukan kesalahan saat proses berlangsung adalah wajar. Percayalah pada dirimu sendiri, bahwa kamu dapat menjadi lebih percaya diri dan melakukan yang terbaik. Hilangkan pikiran-pikiran negatif atas resiko ditertawakan atau melakukan kegagalan.

Percayalah pada kekuatan pikiran. Saat kamu berpikir positif, maka kamu dapat melakukan yang terbaik.

Oke, segitu dulu ya tips tampil percaya diri. Cobalah untuk melakukannya. Semoga sukses!

 

Disadur dari:

  1. The Princeton Language Institute & Lenny Laskowski. (2001). 10 Days to Make Confident Public Speaking. New York: Philip Lief Group Inc.
  2. https://www.inc.com/jayson-demers/7-ways-to-appear-confident-when-you-re-really-not.html
  3. http://psychologyformarketers.com/12-ways-to-build-self-confidence/

 

Written by Syarifah Muadzah

 

Konten ini merupakan kerjasama antara Fakultas Psikologi Universitas Ciputra dengan Riliv. Riliv adalah startup konseling online dengan psikolog nomor 1 di Indonesia. Riliv senantiasa mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental mereka. Kunjungi http://riliv.co/rilivstory untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *