Fasilitas Praktikum:

1. Ruang lab. Komputer

Mahasiswa mengoperasikan komputer di ruang lab komputer

2. Ruang wawancara yang bersifat personal

Lorong menuju ruang-ruang wawancara

 

 

Wawancara di dalam ruang wawancara

Praktek wawancara di ruang wawancara

Terdapat 25 ruangan wawancara yang dapat digunakan. Ruangan ini biasa dipakai saat melakukan wawancara antara interviewee dan interviewer. Dengan berisi 1 meja dan 2 buah kursi, masing-masing ruangan di design untuk 2 orang (interviewee dan interviewer). Beberapa ruangan dilengkapi oleh kamera CCTV.

CCTV untuk mengobservasi pelaksanaan wawancara

 

3. Ruang one way mirror

Di ruang one way mirror, terdapat sekat kaca yang hanya dapat tembus pandang pada satu sisi saja, sedangkan pada sisi lainnya akan terlihat seperti kaca biasa. Ruang one way mirror berfungsi sebagai laboratorium pengamat situasi dan kondisi sehingga observee tidak mengetahui jika sedang diamati.

Suasana di dalam ruangan one way mirror

 

Observer mengamati aktivitas observee dari balik kaca

4. Alat-alat tes dan inventori psikologi

5. Aparatus psikologi, cth. Skinner box, alat konsentrasi, dsb.

6. Berbagai APE (Alat Permainan Edukatif)

 

Selain fasilitas yang berbentuk fisik, para mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ciputra juga akan mendapatkan beberapa hal berikut selama berkuliah di UC:

1. Mentoring dari senior selama 1 tahun awal perkuliahan.

Tujuan dari mentoring ini adalah pembekalan life skills, informasi-informasi terkait dengan fasilitas kampus, sistem perkuliahan, dan sebagainya, sehingga mahasiswa baru tidak akan merasa asing dan dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus.

2. Mendapatkan Dosen Penasehat Akademik

Setiap mahasiswa akan mendapatkan seorang dosen penasehat akademik yang akan membimbingnya selama berkuliah di Fakultas Psikologi UC. Mereka akan menjadi wali maupun orang tua mahasiswa tersebut di tempat kuliah.

3. Gathering mahasiswa di semester awal

Di semester awal, mahasiswa baru akan mengikuti acara gathering yang bertujuan untuk mengenal satu sama lain.

4. Pertemuan Speak Up

Setiap semester Fakultas Psikologi UC mengadakan acara Speak Up yang diikuti oleh perwakilan setiap angkatan aktif. Selain dapat mempererat hubungan antar angkatan aktif, perwakilan angkatan juga dapat menyalurkan aspirasi mereka terhadap perkuliahan lewat forum diskusi.

5. Semester Opening

Setiap semester, mahasiswa dari semua angkatan aktif akan mengikuti acara Semester Opening. Pada acara ini, dihadirkan alumni Fakultas Psikologi UC untuk berbagi pengalaman dengan para mahasiswa. Selain itu, informasi maupun aturan penting yang terkait dengan perkuliahan akan disampaikan kepada mahasiswa.

6. Ngeteh (Thursday Eureka Hour)

Ngeteh (Thursday Eureka Hour). Jam Ngeteh dapat diisi dengan kuliah yang mengundang narasumber tamu, maupun kegiatan lain untuk mempererat hubungan antar angkatan.

7. Psychopreneur Research & Creativity Festival (PRCF)

Psychopreneur Research & Creativity Festival (PRCF) diadakan sekali setahun dengan mengintegrasikan tugas atau ujian akhir mahasiswa dari semua mata kuliah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun iklim akademik dan inovasi di Fakultas Psikologi UC.