Emozone, Emotion Specialist dari PSY UC

Emozone, Emotion Specialist dari PSY UC

Dalam pengembangan bisnis, ilmu psikologi sangat diperlukan. Psikologi dapat digunakan dalam mengidentifikasi masalah pada kelompok usia tertentu maupun dalam mengembangkan produk inovatif yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Nah, salah satu bisnis mahasiswa PSY UC yang memanfaatkan ilmu psikologi yang telah mereka pelajari selama kuliah adalah Emozone.

Emozone menjual produk-produk yang dapat membantu perkembangan anak-anak dan lansia, hingga meredakan stres pada segala usia. Usaha ini dijalankan oleh enam orang mahasiswa PSY 2014, yaitu Lovelia Monica Christy, Silviawati Kisiyanto, Alexandra Arvia, Christian Effendy Putra, Filipus Leonard, dan William Adinarta. Berikut tanya jawab jurnalis PSY UC dengan tim Emozone:

– Fenomena/masalah apa yang mendasari terbentuknya bisnis Emozone?

Emozone didirikan karena kami melihat kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya emotional quotient (EQ). Orang tua khususnya, cenderung lebih mengutamakan IQ. Sedangkan, di sisi lain, kami juga melihat adanya fenomena KDRT, pemerkosaan, dll. yang dikarenakan emosi yang kurang matang. Bahkan, banyak kasus anak usia dini yang melakukan tindakan berbahaya karena kurangnya pemahaman bagaimana mengenali dan mengelola emosi dengan baik. Oleh karena itu, kami ingin agar sejak dini orang tua dan anak bisa paham pentingnya emosi.

 

– Apa saja produk yang dimiliki Emozone saat ini?

Saat ini, ada 3 produk yang kami miliki. Ada boardgame Emozone (permainan untuk melatih perkembangan emosi anak sejak dini), ada Boltres (sebagai pereda stress, dan melatih motorik anak), dan Selimut’o (permainan untuk merangsang kerja otak dengan sensoris pada lansia, dan juga dapat dipakai untuk melatih motorik halus anak-anak).

boardgame emozone

boltres

selimuto

– Apa saja kegiatan yang dilakukan Emozone untuk menjual produk sekaligus membagikan visi

Kami mengikuti event yang berkaitan dengan visi Emozone, membuka stan, serta mencari partner kerja sama (seperti dengan perusahaan training life skills).

S__11591692

– Apa saja pencapaian Emozone?

Kami telah bekerja sama dengan berbagai institusi, yaitu gereja GBI Kasih Karunia Kristus, Sekolah Citra Berkat,  SCB, Universitas Ciputra, dan Transformer Center.

 

– Dengar-dengar, Emozone termasuk bisnis yang dikembangkan dalam mata kuliah Psychology Inovation Project (PIP). Bagaimana proses pembelajaran di mata kuliah PIP membantu perkembangan bisnis Anda?

Melalui proses pembelajaran di mata kuliah PIP, kami bisa langsung terjun ke lapangan untuk melihat seperti apa keadaan masyarakat secara riil. Kami bisa melihat seberapa efektif produk kami bagi konsumen pada saat kami melakukan test market dan open booth. Selain itu, target penjualan yang diberikan oleh mata kuliah PIP juga sangat memotivasi tim untuk mencapai penjualan yang maksimal dengan usaha yang optimal.

S__11591695

S__11591688

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *