Emerging Class Siswa SCB: Cicipi Kuliah di PSY UC

Menjalani masa SMA, banyak siswa yang mulai memikirkan tujuannya setelah lulus. Banyak yang ingin lanjut kuliah tapi bingung ingin kuliah apa dan di mana. Banyak yang juga bingung kuliah itu seperti apa, apakah sama seperti SMA atau tidak. Universitas Ciputra menjawab kegundahan hati tersebut dengan mengadakan Emerging Class.

Kegiatan Emerging Class ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas XI Sekolah Citra Berkat (SCB) Surabaya. Kegiatan ini menjadi sebuah kesempatan istimewa bagi para siswa untuk mengikuti kelas perkuliahan yang ada di UC. Dengan demikian, mereka bisa mengetahui materi apa dan model pembelajaran seperti apa yang diterapkan.

Fakultas Psikologi UC sendiri membuka 6 macam kelas bagi para siswa, yang dibagi ke dalam 2 hari, yaitu Selasa, 11 Oktober 2016, dan Kamis, 13 Oktober 2016. Pada setiap kelas yang mereka ikuti, para siswa diajar dan dibimbing langsung oleh para dosen PSY UC.

14725550_1446439245371615_4005239004314060375_n

Pada hari Emerging Class yang pertama, 3 kelas yang diadakan, yakni Psychology of Pop Culture, Consumer Psychology, dan Counseling Psychology. Psychology of Pop Culture dibawakan oleh Ibu Theda, di mana para siswa diajak untuk memahami dampak-dampak psikologis dari pop culture, seperti musik, novel, dan dongeng.

Sedangkan, pada kelas Consumer Psychology, mereka diajak mengenal berbagai pendekatan psikologi sebagai strategi menarik konsumen. Salah satunya dengan mengetahui sifat dan kepribadian konsumen. Tak hanya pemberian materi, pada kelas ini, siswa-siswi diajak melakukan simulasi menawarkan suatu produk, yakni sekolah mereka sendiri kepada para ibu anak kelas IX yang masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda.

81195

Simulasi menawarkan sekolah kepada orangtua siswa kelas IX

Kelas ketiga yang dilangsungkan pada hari itu adalah kelas Counseling Psychology. Siswa diperkenalkan pada tahap-tahap konseling dan cara menolong klien untuk membuat goal. Selain itu, para peserta Emerging Class juga mendapat kesempatan melihat-lihat lab psikologi dan mahasiswa PSY 2014 yang sedang praktek konseling.

whatsapp-image-2016-10-11-at-9-42-10-pm

Berselang dua hari, para siswa kelas XI SCB kembali hadir lagi di PSY UC. Kali ini, mereka mengikuti kelas Motivation, Personality & Career, dan Sexual Psychology for Teens. Dipandu oleh Ibu Astrid, para peserta kelas Motivation diajak memahami proses psikologi dalam motivasi. Materi ini memang menjadi bagian dari bahan mata kuliah psikologi, yaitu mata kuliah Proses Mental dan Perilaku.

s__79667203

Emerging Class “Motivation” oleh Bu Astrid

Berkunjung ke PSY UC juga jadi kesempatan siswa untuk mengenal kepribadian mereka. Dalam kelas Personality & Career, siswa diajak mencoba tes untuk mengetahui kepribadian dan karir pekerjaan yang sesuai. Setelah mendapatkan hasilnya, mereka melakukan refleksi dan beberapa orang siswa maju ke depan untuk men-sharingkan hasil mereka.

Phoebe, salah seorang siswa mengungkapkan bahwa ia tipe orang yang heboh dan ia memiliki cita-cita menjadi MC. Sedangkan, selama bersekolah pun, ia juga sudah mengumpulkan pengalaman, seperti ikut ekskul broadcasting.

Kelas psikologi terakhir di Emerging Class adalah kelas Sexual Psychology for Teens. Pada kelas ini, Pak Ersa menjelaskan perubahan yang dialami saat remaja, segitiga cinta, dan masih banyak lainnya.

Menurut Patrice, siswa peserta Emerging Class PSY UC, kelas yang ia anggap cukup menarik adalah kelas Consumer Psychology yang dibawakan oleh Pak Jimmy.  “Selain memakai video, (cara ngajarnya) juga ngajak murid berperan aktif.” Ia senang dengan cara pembawaan materi dosen yang interaktif.

73837

Sehubungan juga dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2016 yang lalu, pada acara Emerging Class ini, para siswa juga diberikan awareness mengenai pentingnya kesehatan mental dan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu teman mereka yang punya masalah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *