Elsha dan Laurent Tambah Ilmu dengan Mengikuti Winter Course di Dayeh University

Elsha dan Laurent Tambah Ilmu dengan Mengikuti Winter Course di Dayeh University

Masa kuliah adalah masa yang penuh kesempatan, termasuk kesempatan memperoleh pengalaman internasional. Dua orang mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (PSY UC) angkatan 2014, Elsha Sumiran dan Laurent Fransiska membuktikan hal tersebut. Di tahun terakhir mereka menempuh pendidikan S1 di PSY UC, Elsha dan Laurent mengikuti winter course di Dayeh University, Changhua, Taiwan.

Elsha (kiri) dan Laurent (kanan) mengikuti kelas membuat animasi

Kegiatan winter course ini berlangsung dari tanggal 21-30 Januari 2018. Pada tanggal 21 Januari 2018, Elsha dan Laurent berangkat dari Surabaya bersama dengan sekitar 33 orang peserta lain yang berasal dari jurusan-jurusan lain di UC. Sesampainya di Dayeh University, mereka langsung “check-in” ke asrama mahasiswa yang menjadi tempat tinggal mereka selama winter course. Keesokan harinya, ada acara pembukan winter course yang diikuti oleh tur keliling kampus.

Aktivitas bermain monopoli sambil belajar di Winter Course Dayeh University

Winter Course Dayeh University ini bertujuan untuk memberikan peserta pengalaman menjadi pelajar di sana sehingga Elsha dan Laurent pun berkesempatan mengikuti kelas-kelas yang diadakan. Mereka belajar membuat animasi, permainan digital, sabun, hingga kopi. Selain itu, mereka juga belajar melakukan pertolongan pertama gawat darurat dan melihat pameran karya mahasiswa. Tak hanya itu, mereka juga ikut mencoba kegiatan-kegiatan klub (UKM) Dayeh University, seperti yoga.

Tur keliling kampus

Salah satu hal yang dirasa menarik oleh Elsha dan Laurent adalah sistem program mentoring yang dijalankan di Dayeh University. Dalam program ini, para kakak mentor diajak untuk benar-benar memberikan perhatian dan membimbing mahasiswa baru maupun rantau. Setiap kakak mentor pun mendapat daftar goal yang perlu dicapai bersama adik mentornya. Pihak universitas pun sangat suportif dengan memberikan bantuan dana untuk semua aktivitas kakak-adik mentor.

Laurent (depan, paling kiri) dan Elsha (depan, ketiga dari kiri) bersama dengan peserta Winter Course lainnya

Elsha dan Laurent sama-sama setuju bahwa mereka cukup belajar banyak. “Iya (belajar banyak), kan belum pernah ke sana juga jadi sebelumnya belum ada gambaran apapun tentang Taiwan,” ungkap Laurent. “Ya pengalaman yang baik, kita gak nyesel ke kampusnya,” tambah Elsha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *