Bouncing Back From a Terror Attack: Presentasi Poster Oleh Jessie Janny

 

Asian Conference of Criminal and Operations Psychology (ACCOP) adalah sebuah konferensi yang bertujuan untuk saling bertukar ilmu antara peneliti dan praktisi yang menghadapi masalah seputar kriminal di lapangan. ACCOP diselenggarakan oleh Office of Chief Psychologist di Ministry of Home Affairs, pada tanggal 9-12 Juli 2019 di ParkRoyal, Beach Road, Singapore. Tahun ini merupakan kali keempat ACCOP diadakan, dengan tema “Prepared for Evolving Threats: The Role of Behavioral Scinces”. Tema ini  menjelaskan tentang bagaimana peran behavioral science dalam membantu kita menghadapi ancaman-ancaman yang sedang berkembang seperti terorisme, narkoba, dan penipuan online. Kegiatan dalam acara ini adalah berupa presentasi oral dari akademisi maupun praktisi, dan poster presentation.

                                        

Jessie Janny Thenarianto, mahasiswa psikologi Universitas Ciputra angkatan 2015 yang yudisium akhir semester ini, mendapat undangan oleh panitia ACCOP untuk hadir dan melakukan presentasi poster yang berjudul “Bouncing Back From a Terror Attack: Community Recovery Following the 2018 Surabaya Attacks”. Poster ini merupakan hasil penelitian tentang teror bom di Surabaya tahun lalu. Poster yang bertemakan community recovery post-terror attack in Surabaya tersebut menjelaskan tentang pemulihan komunitas setelah terjadi serangan teror di Surabaya.

Sebagai salah satu tamu undangan yang diberi kesempatan untuk mempresentasikan poster penelitiannya, Jessie mengungkapkan bahwa ia merasa senang, bangga, dan deg-degan disaat bersamaan. Ia memiliki kesan positif terhadap adanya acara ini karena baginya acara ini adalah acara yang menarik yang sesuai dengan bidang yang ia senangi. Ia juga mengungkapkan bahwa dengan adanya acara ini, ia bisa bertemu dengan orang-orang yang sebelumnya hanya bisa ia baca karyanya melalui buku atau internet. Selain itu, acara ini dikemas dengan menarik, dengan adanya sesi meditasi, mindfulness, dan sesi mencoba buah durian bagi peserta yang berminat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *