Berbagi Bersama di Rumah Pemulihan Abigail

Masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2016, Fakultas Psikologi mengadakan kunjungan Psikologi Berbagi ke Rumah Pemulihan Abigail. Berlokasi di Sentra Taman Puspa Raya, Citraland, Rumah Pemulihan Abigail adalah lembaga yang menerima para perempuan yang memiliki permasalahan seperti depresi. Para perempuan tersebut disebut sebagai “sister” dan di sana, mereka mendapatkan konseling, terapi kelompok, pembelajaran Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris, serta masih banyak lagi.

Pada Sabtu, 22 Oktober 2016, sekitar 25 orang perwakilan dari Student Union of Psychology dan mahasiswa PSY UC datang “bertamu”. Pukul 8 pagi, mereka sudah duduk bersama dengan para sister dan acara pun dimulai.

16032

MC acara membuka kegiatan dengan menyapa semua yang hadir dan mempersilahkan Ketua Panitia Psikologi Berbagi, Winda Citra (PSY 2014) memberikan sambutan. Winda berharap agar melalui kegiatan ini, para mahasiswa PSY maupun para sister bisa saling mengenal satu sama lain. Setelah itu, Pak Kaleb, selaku pemilik rumah pemulihan tersebut juga menyampaikan pesannya agar semua yang terlibat bisa saling berbagi.

foto-bareng-psikologi-berbagi

Para mahasiswa pun mendapatkan pengalaman baru, yaitu berbicara dengan orang-orang baru yang memiliki kehidupan yang berbeda dari mereka. Pya (PSY 2015) mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. “Kesanku, senang sih, bisa ketemu dan sharing sama orang yang pernah mengalami kondisi psikis yang kurang baik. Kebetulan aku dapat sisternya yang sudah sembuh. Dia cerita dari awal kenapa dia di situ, terus perubahan-perubahan yang ia alami, terus gimana dia menjalani tiap treatment, dan bagaimana ia diubah pemikirannya.”

16028

Seorang mahasiswa lain, Elsha (PSY 2014), mengungkapkan bahwa mengajak bicara orang baru ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Memulai percakapan, membangun serta mempertahankan pembicaraan cukup sulit. Pengalaman ini menjadi pembelajaran baginya, dan teman-teman yang lain untuk dapat mempraktekkan ilmu yang telah mereka dapatkan di kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *