Belajar Tentang Guanxi, Kebudayaan China yang Menjadi Elemen Dasar Masyarakat

Belajar Tentang Guanxi, Kebudayaan China yang Menjadi Elemen Dasar Masyarakat

Hari-hari ini, banyak kegiatan yang kita lakukan menjadi berbasis online karena di masa pandemic covid-19 ini, kita diharuskan menjaga jarak atau bahasa kekiniannya, physical distancing. Hal ini tentu tidak membuat Fakultas Psikologi Universitas Ciputra menyerah dalam memberikan yang terbaik bagi mahasiswa-mahasiswanya di perkuliahan yang juga dijalankan secara online.

Pada Rabu, 15 April 2020 lalu, Fakultas Psikologi Universitas Ciputra mengundang Dr. Chunyan Kang yang merupakan dosen di Fakultas Psikologi Zhejiang Sci-Tech University, Hangzhou, China. Kuliah tamu ini disajikan secara online menggunakan media Zoom sehingga mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi Sosial dapat belajar dari Dr. Chunyan meskipun sedang #dirumahaja.

 

 

Pada kesempatan kali ini, Dr. Chunyan membahas tentang Guanxi. Guanxi sendiri berarti networking, di mana Guanxi merupakan kebudayaan di China yang menjadi elemen dasar dalam struktur masyarakat China. Guanxi merupakan budaya yang mengedepakan hubungan interpersonal yang baik. It’s not what you know but who you know, that’s important. Istilah Guanxi ini memang kerap hadir dalam kegiatan bisnis. Di Universitas Ciputra sendiri, mahasiswa sering diingatkan akan pentingnya menciptakan networking seluas-luasnya.

“Dalam kuliah tamu yang diajar oleh Dr. Chunyan, kami diberi kesempatan untuk belajar materi Guanxi. Kami memperoleh pengetahuan yang lebih dalam tentang komponen budaya China yang biasa digunakan orang-orang di sana untuk membangun hubungan yang baik. Meskipun materi tersebut cukup rumit, tetapi Dr. Chunyan tetap dengan sabar berusaha menjelaskan sehingga kami paham. Selain itu, materi yang dibawakan juga sangat mendalam sehingga saya merasa jika tidak mengikuti kuliah tamu itu, saya tidak mungkin memperoleh pengetahuan yang dalam tentang Guanxi.”, tutur Audrey Devina Setiawan, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ciputra angkatan 2019 yang mengikuti kuliah tamu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *