Art Therapy with Stephanie Setiyadi

Pada tanggal 19 Oktober lalu, salah satu alumni Psikologi Universitas Ciputra, Stephanie Setiyadi, S.Psi., M.A., membagikan tentang art therapy. Beliau membagikan pengalamannya selama menimba ilmu di negeri singa. Setelah lulus S1 dari universitas Ciputra, Stephanie menimba ilmu di salah satu universitas di Singapura, La Salle. Disana Stephanie mempelajari tentang art therapy.

Dalam seminar art therapy ini, Stephanie menjelaskan bahwa art therapy merupakan penggabungan dari psikologi dan visual art, dimana dari perpaduan tersebut dapat meningkatkan mental, kognitif dan sensori motori klien. Art therapy ini pertama kali dicetuskan oleh Adrian Hill pada tahun 1940. Dalam perkembangannya, muncul beberapa tokoh lain seperti Edward Adamson pada tahun 1980. Art therapy sendiri berdasar dari psikoanalisis yaitu psikodinamika, hal ini karena art therapy merupakan simbol dari alam bawah sadar manusia.

Stephanie juga membagikan tentang beberapa mitos dan fakta tentang art therapy :

  1. Art therapy bisa menjadi alat ukur
  2. Untuk mengikuti tes art therapy tidak perlu pandai menggambar
  3. Art therapy bukan hanya untuk anak-anak
  4. Art therapy bukan merupakan drawing book

Dalam melakukan art therapy ini dibutuhkan 3 komponen penting :

  1. Terapis
  2. Art Work
  3. Materi seni

Manfaat dari art therapy itu sendiri yaitu :

  1. Meningkatkan self aware dan insight
  2. Memberikan ekspresi kekreatifan
  3. Meregulasi perasaan dan emosi

Seminar yang berlangsung selama 2 jam ini, tidak hanya sekedar seminar biasa karena stephanie juga mengadakan workshop dimana beliau membagikan kertas yang tergambar sebuah representasi orang, dan mahasiswa serta dosen yang ada di ruangan tersebut diminta untuk mewarnai gambar tersebut untuk menggambarkan tingkat stress dan dibagian mana saja mereka merasakan stress. Selain itu Stephanie juga menunjukkan beberapa video art therapy, bagaimana cara kerjanya dan hasil yang didapatkan dari art therapy tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *