7 Cara Mengatasi Masalah Hidup yang Bisa Kamu Lakukan

7 Cara Mengatasi Masalah Hidup yang Bisa Kamu Lakukan

Adakah di antara kalian yang sedang bersedih? Nyatanya, hampir semua orang di dunia ini memiliki masalah dalam hidupnya. Masalah percintaan, pertemanan, pekerjaan, perkuliahan, atau masalah lainnya. Kamu kadang tidak tau masalah orang lain karena orang tersebut memang berniat memendamnya sendiri.

Sebuah studi pada mahasiswa di Indonesia menunjukkan 30% sampai dengan 70% mengalami gangguan kesehatan mental berupa depresi, kecemasan, dan stres dikarenakan berbagai masalah yang dialami. Studi ini menunjukkan angka yang tidak sedikit yang artinya banyak sekali mahasiswa yang mengalami stres, depresi, atau gangguan kecemasan karena masalah hidupnya.

unsplash.com

 

PSY-ers, seberat apapun masalah itu, kamu harus bisa melalui dan mengatasinya. Jangan sampai masalah-masalah yang kamu alami membuatmu sedih berlarut-larut atau bahkan mengganggu aktivitas kamu yang lain.

Kali ini Riliv dan PSY UC akan memberikan cara mengatasi masalah hidup kamu, nih. Yuk, simak baik-baik ya.

Cobalah untuk Mengenali Masalah yang Kamu Hadapi

Beberapa orang mungkin akan memilih untuk menghindari masalah. Sayangnya menghindari masalah tidak akan membantumu menyelesaikannya atau bahkan dapat memperburuk masalah itu. Yang perlu kamu lakukan pertama kali untuk menyelesaikannya adalah mengenali masalah yang kamu hadapi.

Nah, untuk lebih mempermudah, kamu bisa membuat list masalah-masalah yang kamu alami. Misalnya, kamu kesulitan menyelesaikan tugas akhir, lalu tentukan rintangan apa saja yang menyebabkan kamu kesulitan melaluinya. Misalnya dosen yang sulit ditemui atau kamu kurang bisa membagi waktumu dengan baik.

 

Apa yang Kamu Harapkan dari Masalahmu?

Yang kedua, tentukan harapan dan tujuan yang ingin kamu capai. Kamu dapat memulainya dari tujuan yang paling sederhana, misalnya bagaimana kamu bisa membagi waktumu agar bisa memiliki banyak waktu menyelesaikan tugas akhir. Lalu lanjutkan pada tujuan lainnya sehingga dapat mencapai tujuan inti.

 

Mulai Pikirkan Solusi Apa Saja yang Dapat Dilakukan

thefearlessman.com

 

Oke. Lalu, bagaimana kamu bisa membagi waktumu? Tulislah beberapa opsi solusi yang dapat kamu lakukan untuk menyelesaikan satu persatu masalahmu. Misalnya mengatur jam tidur, mengurangi waktu bermain, dan lainnya.

 

Lakukan Solusi yang Sudah Kamu Siapkan!

Ya, kamu sudah tau apa masalah yang kamu hadapi, apa saja rintangan yang kamu  hadapi, dan juga solusi yang kamu siapkan. Sekarang saatnya kamu memulai untuk merealisasikan solusi-solusi tersebut. Ketika satu masalahmu terselesaikan, kamu bisa memulai untuk menyelesaikan masalah lainnya, begitu seterusnya, hingga semua masalah terselesaikan.

 

Cek Apakah Solusi yang Sudah Kamu Lakukan Berhasil Mengatasi Masalah Hidup Kamu

Sekarang kamu telah melakukan solusimu, kamu perlu memastikan apakah solusi tersebut berfungsi. Terkadang rencana yang paling baik tidak selalu berjalan dengan sempurna, jadi sebaiknya kamu mengeceknya kembali. Jika belum berhasil, cari apa yang membuatnya belum berhasil, mengoreksinya, dan kemudian melakukan solusi itu kembali.

 

Bercerita dengan Orang Terdekat Bisa Sangat Membantumu, loh

coworktable.com

 

PSY-ers, beberapa orang kadang merasa enggan dan takut untuk menceritakan masalahnya ke orang lain. Hilangkan ketakutanmu saat kamu akan bercerita pada orang lain.

Saat kamu mulai menceritakan masalahmu, kamu akan merasa lega, bebanmu berkurang atau mungkin bisa mendapat saran yang dapat membantu menyelesaikan masalahmu.

 

Jangan Ragu Mengkonsultasikan Masalahmu kepada Psikolog Profesional

Jika cara-cara mengatasi masalah hidup di atas tidak dapat membantumu, jangan ragu untuk mengunjungi psikolog ya! Saat kamu mengunjungi psikolog, kamu dapat leluasa menceritakan masalah hidupmu. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan solusi yang dapat sangat membantumu.

Oke, sekarang kamu sudah tahu ya bagaimana cara mengatasi masalah hidup yang kamu alami. Ingat, jangan memendam masalahmu terlalu lama. Ceritakan pada orang terdekatmu dan jangan pernah ragu, ya, untuk mengkonsultasikannya kepada ahli.

 

Have a Nice Day!

 

Disadur dari:

  1. Solving Life’s Problems: A 5-Step Guide to Enhanced Well-Being by A.M. Nezu, C.M. Nezu, and T.J. D’Zurilla. Springer Publishing.
  2. https://anxietycanada.com/articles/how-to-solve-daily-life-problems/
  3. https://www.fkm.ui.ac.id/doktor-fkm-ui-teliti-model-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-depresi-kecemasan-dan-stres-mahasiswa-s1/

 

Written by Syarifah Muadzah, mahasiswa psikologi yang berusaha lulus tepat waktu.

 

Konten ini merupakan kerjasama antara Fakultas Psikologi Universitas Ciputra dengan Riliv. Riliv adalah startup konseling online dengan psikolog nomor 1 di Indonesia. Riliv senantiasa mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental mereka. Kunjungi http://riliv.co/rilivstory untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *