PSY UC Raih Juara 2 Lomba Cerdas Cermat PICASO 2018

PSY UC Raih Juara 2 Lomba Cerdas Cermat PICASO 2018

Kembali lagi mahasiswa PSY UC memberikan kabar baik. Kali ini prestasi datang dari 3 mahasiswi yang giat berkompetisi walau sedang menempuh liburan semester. Mereka adalah Agata Sofia (PSY UC 2017), Melinda Evelien (PSY UC 2017), dan Zita Mugen (PSY UC 2016) yang telah berhasil menggaet juara 2 Lomba Cerdas Cermat di PICASO 2018. Lomba PICASO (Psychology Soegijapranata Academic Competition) 2018 adalah kompetensi akademik seluruh universitas Fakultas Psikologi se-Jawa yang diselenggarkan pada tanggal 5-7 Juli 2018 di Universitas Soegijapranata Semarang. Pada tahun ini, PICASO mengadakan lomba debat dan lomba cerdas cermat dengan tema The Biopsychosocial Perspective on Healthy Lifestyle. 

Persiapan lomba dilakukan sangat santai namun tetap intens selama 1 bulan. Materi lomba cerdas cermat memang tergolong sangat berat dikuasai untuk waktu yang singkat tersebut. Peserta diberikan materi berupa 9 buku referensi dimana peserta yang harus mandiri mencari buku tersebut. 3 mahasiswi dengan dibantu Nathaniel Owen (PSY 2017) mampu mengatur persiapan dengan sangat baik. Mereka tetap masuk kuliah sesuai janji temu untuk saling berbagi ilmu dari buku yang mereka dapat. Dengan segera, setiap orang mendapat tanggung jawab 3 buku.

Saat perlombaan di mulai, mereka mengaku tidak menyangka karna bisa melewati ronde demi ronde. Pada hari pertama, terdapat tahap penyisihan pertama dan tahap penyisihan kedua dimana 201 soal harus ditaklukan. Besoknya, terdapat tahap penyisihan ketiga dan babak final dimana 3 mahasiswa ini berhasil masuk ke 3 besar untuk menganalisis film. Tahap terakhir penentuan posisi pemenang adalah peserta mempresentasikan hasil analisis di depan 3 juri dan para peserta lainnya.

Mahasiswa PSY UC bangga mengibarkan bendera UC sebagai juara

“Heran dan bersyukur karna bisa mengalahkan 20 tim yang hebat dan well-prepared juga. Sebenarnya kami masih perlu banyak membaca dan memahami tentang materi abnormalitas terutama tentang cara mendiagnosa yang benar. Jujur saja kami belum mendapat materi perkuliahan abnormalitas. Namun ketika nama PSY UC disebut sebagai juara 2, kami sangat bahagia mengingat usaha kami yang tidak sedikit pula,” ujar Agata.

Prestasi ini sekaligus menjadi prestasi perdana mahasiswa PSY UC di bidang lomba cerdas cermat. Semoga terus ditingkatkan, ya!

 

Sumber : www.uc.ac.id/psy