PSIKOLOGI UC KEMBALI BAWA PULANG GELAR JUARA

PSIKOLOGI UC KEMBALI BAWA PULANG GELAR JUARA

PSIKOLOGI UC KEMBALI BAWA PULANG GELAR JUARA

 

Kompetisi debat psikologi merukapan salah satu kompetisi yang bergengsi di kalangan mahasiswa psikologi  di Indonesia. Kompetisi ini tidak hanya menuntut ketajaman dalam menganalisis kasus dan teori-teori psikologi, namun juga kemampuan membangun argumentasi yang logis serta ketereampilan mempersuasi. Kompetisi ini merupakan besutan Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan (UPH) dan mengundang beberapa perguruan tinggi secara berkala dalam tingat nasional.

 

School of Integrated Psychology & Entrepreneurship  Universitas Ciputra, sebagai program studi yang usianya belum genap enam tahun, namun sudah lima kali menjuarai kompetisi debat berskala nasional tersebut. Pada tahun 2011 mereka menjadi runner-up dan the best speaker dalam kompetisi yang di adakan oleh Universitas Airlangga, Surabaya. Pada tahun 2012 mereka menciptakan hat-trick menjadi juara pertama sebanyak tiga kali berturut-turut dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh UPH Karawaci Tangerang, Unika Soegijapranata Semarang dan Universitas Airlangga, Surabaya. Bahkan dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Unair pada bulan November 2012 mereka memborong piala juara 1, juara 2 dan the best speaker.

Runner Up 1 dan 2 di UNAIR

Tahun ini, tim debat psikologi UC kembali menyabet gelar juara dalam kontes intelektual tersebut. Tiga mahasiswa Fakultas Integrated Psychology & Entrepreneurship berhasil Juara I dalam kompetisi Debat Psikologi Pendidikan Tingkat Nasional yang diadakan di Universitas Pelita Harapan (UPH) 25 April 2013. Tim UC mempertontonkan keterampilan debat yang cantik, argumentatif, rasional, dan menguasai materi. Mereka mampu menyisihkan peserta dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia.

Juara 1 di UPH Karawachi

Yang lebih menarik para anggota tim yang menjuarai berbagai kompetisi berskala nasional terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dari berbagai angkatan yang merupakan wujud regenerasi di  School of Integrated Psychologi & Entrepreneurship  Universitas Ciputra. Tim yang dibimbing oleh para dosen & alumni tersebut mengawali kompetisi pada tahun 2010 dengan mengirimkan mahasiswa dari angkatan 2007, 2008 dan 2009. Mulai tahun 2011 mahasiswa-mahasiswa dari angkatan 2010 dan 2011 mulai ikut menorehkan prestasi mereka di kejuaraan debat. Bahkan sejak akhir tahun 2012 mahasiswa angkatan terbaru (angkatan 2012) pun ikut menjadi juara sampai dengan tahun 2013 ini. Inistiatif dan kemandirian mereka dalam mempersiapkan kompetisi juga semakin kuat, sehingga belakangan mereka tidak perlu lagi pendampingan dosen secara intens dalam persiapannya.

Juara 1 di Unika SMG 2012

Dengan demikian, tim debat Psikologi UC mampu mempertahankan gelar “Raja Debat”. Semoga prestasi ini semakin memperkuat semangat para mahasiswa lain di School of Integrated Psychologi & Entrepreneurship ! (shr)