Prospek Karier Desainer Baju

Desainer baju bukanlah sebuah pekerjaan yang bisa didapatkan hanya dengan menggunakan gelar saja. Belajar di dunia fashion terutama untuk menjadi desainer, kamu hanya akan belajar mengenai dasar-dasar membuat desain pakaian dan aksesoris tubuh. Kamu tidak mendapatkan gelar fashion designer hanya dengan belajar. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang desainer?

Belajar

Hal paling penting yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang pesaing desainer adalah belajar. Belajar mengenai teori dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pembuatan pakaian. Mulai dari menggambar, membuat pola, hingga mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bahan-bahan yang akan kamu gunakan dalam pembuatan produk fashion.

Mencari pengalaman

Setelah kamu mendapatkan dasar-dasar teori dan pemahaman mengenai cara mendesain produk fashion, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari pengalaman. Pengalaman lah yang akan menjadikan kamu sebagai seorang desainer. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan pengalaman ini tidak mudah. Kamu mungkin akan memulai dari tukang jahit terlebih dahulu.

Hal ini disebabkan karena pekerjaan desainer baju disebut cukup mirip dengan pekerjaan sebagai seorang chef. Untuk mendapatkan gelar sebagai seorang chef, kamu harus meniti karier dari posisi yang paling rendah. Contohnya dalam lingkup bisnis kuliner tukang cuci piring adalah posisi paling rendah di sebuah dapur.

Akan tetapi posisi ini akan naik sesuai dengan performa dan juga kemampuan kamu dalam menghadapi tekanan-tekanan dari lingkungan kerja kamu. Hal ini juga bisa terjadi pada dunia fashion. Meskipun kamu tidak belajar secara formal tapi jika kamu ingin langsung melompat ke pencarian pengalaman kamu tetap bisa meraih posisi fashion designer jika kamu belajar dengan gigih di lapangan.

Perkaya wawasan dan referensi

Hal lain yang wajib kamu lakukan untuk bisa terus berkembang di dunia fashion adalah memperkaya wawasan dan meningkatkan referensi. Kamu pasti tahu bahwa dalam dunia fashion tren akan selalu berganti. Akan tetapi pergantian tren ini akan selalu berputar layaknya sebuah roda. Hal inilah yang membuat wawasan dan referensi akan sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah desain.

Makin banyak wawasan dan referensi yang kamu miliki kamu bisa meningkatkan posisi kamu ke bidang yang lebih tinggi. Apalagi jika kamu bisa mengolah referensi yang kamu miliki menjadi sebuah desain baru. Ini pasti akan membuat kamu bisa lebih cepat berkembang dalam dunia bisnis fashion ini.

Selalu menantang diri

Tidak ada orang yang akan sukses tanpa menantang dirinya sendiri. Sebagai seorang calon fashion desainer, pandanglah diri kamu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin berada di luar jangkauan kamu. Misalnya ikutlah kompetisi.

Ada sangat banyak kompetisi mengenai fashion designer yang bisa kamu ikuti, di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan menentang diri kamu akan memperkaya wawasan dengan sendirinya. Selain itu kamu juga bisa melihat perkembangan kemampuan pasien kamu akan meningkat secara signifikan dengan mengikuti kompetisi.

Jika desain yang kamu miliki berhasil mendapatkan perhatian atau bahkan menggunakan kompetisi, kamu bisa lebih mudah mendapatkan gelar sebagai seorang fashion designer yang diakui. Artinya mengikuti kompetisi merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan baik kamu menang ataupun kamu kalah.

Selain itu hal yang paling penting untuk dimiliki bagi seorang desainer baju adalah menjadi kreatif dan tahan banting. Fashion merupakan dunia yang cukup sulit ditembus, akan tetapi jika kamu sukses akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan dan konsumen.

Artikel lain