Pertolongan Pertama di Tempat Kerja

Pertolongan Pertama di Tempat Kerja

(3/4) Jurusan Integrated Psychology and Entrepreneurship Universitas Ciputra (UC) kembali mengundang Andi Dwi Putra, ketua dari AYISI (Association of Young Innovator and Scientist) untuk menginspirasi para calon entrepreneur muda Indonesia. Berbeda dari seminar-seminar yang dibawakannya sebelumnya, kali ini Andi tidak lagi membahas mengenai inovasi melainkan membahas mengenai PFA  (Psychology First Aid) yaitu sebuah program yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bagi mereka yang berada dalam kondisi terancam, tertekan dan mengalami masalah.

Participant Seminar Herlina pembicara di Seminar PFA Improve Wellness

PFA dapat dilakukan oleh keluarga, kerabat dekat ataupun teman-teman di sekeliling individu. Dalam seminar ini, Andi menjelaskan tahap demi tahap dilakukannya PFA sesuai dengan kondisi individu. PFA memang mengajak kita sebagai masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih peka lagi dengan masalah yang dihadapi oleh orang disekeliling kita karena kita dapat menolong mereka.

Andi CEO PFA Serah terima Cindera Mata untuk Andi Dwi Putra

Program PFA ini juga dapat diterapkan dalam setting tempat kerja. Lina Subandriyo mengawali pentingnya PFA di tempat kerja ini dengan menerangkan mengenai well-being di tempat kerja dan mental health karyawan. Lina menekankan akan pentingnya kesehatan mental karyawan dalam suatu perusahaan karena karyawan yang tidak sejahtera baik secara fisik maupun psikologis tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk itu, menjaga dan meningkatkan mental health karyawan sangat penting, salah satu caranya dapat dilakukan dengan menerapkan PFA.