Personal branding berpengaruh cukup signifikan terhadap nilai diri sendiri. Tak heran banyak selebritis dan orang terkenal berlomba-lomba untuk membangun citra diri yang positif. Personal branding yang baik akan mendatangkan keuntungan baik mereka di depan khalayak umum. Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait personal branding.

Personal Branding Artinya Mengenal Lebih Jauh

Apa Itu Personal Branding?

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu personal branding. Personal branding artinya adalah suatu proses memasarkan diri dan berkarier dengan citra baik yang dibentuk bagi khalayak umum. Citra tersebut ditunjukan melalui berbagai cara seperti media sosial, website pribadi, blog, ataupun tingkah laku di depan khalayak umum. Seperti branding produk ataupun jasa, personal branding ini memberikan suatu gambaran terkait pengalaman yang akan didapatkan pelanggan saat mereka berinteraksi dengan suatu pemilih brand tersebut.

Dengan membangun personal branding yang baik, pastinya Anda akan memperoleh keuntungan. Ada dua arah keuntungan yang bisa didapat. Pemilik brand bisa membuat produk dan perusahaan yang dimiliki dikenal oleh masyarakat luas. Sedangkan para pelanggan akan lebih percaya terhadap diri Anda sebelum melakukan transaksi. Keuntungan luar biasa dari branding ini juga bisa mempengaruhi citra diri yang mana akan bisa ikut terangkat dengan baik seiring kesuksesan dari branding suatu produk.  Misalnya, Cristiano Ronaldo yang memiliki personal branding yang baik sebagai brand ambassador Nike. Baik Nike dan Cristiano Ronaldo saling menopang satu sama lain untuk memiliki citra positif di depan khalayak umum.

Personal Branding Yang Terpercaya

Menjadi diri sendiri mungkin terdengar sangat baik. Tetapi, hal ini tak bisa begitu saja diterapkan untuk membangun personal branding yang baik. Tak hanya produk saja, diri Anda sendiri harus bisa menunjukkan citra pribadi yang baik dan positif di depan publik. Ini berarti Anda tak perlu harus berpura-pura untuk memberikan kesan yang baik dan diinginkan oleh banyak orang. Apapun pekerjaan yang Anda miliki sekarang sebaiknya Anda membangun citra diri dengan membuat konten yang bermanfaat bagi banyak orang. Secara tak langsung ini akan berguna untuk membangun citra positif dalam diri sendiri.

Membangun Pribadi Yang Positif

Membangun personal branding yang baik berarti Anda harus menjadikan diri Anda sebagai seorang figur publik yang baik dan positif. Kepribadian adalah aset terbesar yang harus Anda miliki. Maka Anda harus menjaga hal itu dengan baik agar terlihat baik dan positif di depan banyak orang. Anda bisa mencoba membangun pribadi yang positif dengan menghadiri acara-acara bertatap muka dengan orang lain. Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang dan pelanggan sehingga bisa membangun citra diri lebih baik. Saat beraktivitas di dunia maya pun, Anda bisa menjawab pertanyaan, membalas komentar, ataupun aktivitas lainnya.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus bisa menjaga perilaku di sosial media seperti di Twitter, Instagram, dan Facebook. Sosial media adalah ruang publik yang bisa merepresentasikan diri Anda sendiri. Anda bahkan bisa menuliskan apapun di sosial media dan akan dilihat oleh banyak orang. Saat Anda mendokumentasikan foto ataupun aktivitas apapun di sosial media juga sangat mudah sehingga ini menjadi ruang publik yang rentan tetapi juga bermanfaat.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui terkait branding. Personal branding artinya adalah Anda harus bisa menjaga citra diri dengan baik dan positif agar membangun hubungan baik dengan diri dan publik.

sumber:

https://influencermarketinghub.com/what-is-personal-branding/

Menu