Pentingkah Laporan Keuangan Perusahaan? Harus Seberapa Detail?

Laporan keuangan perusahaan merupakan sesuatu yang krusial dalam menjalankan dunia entrepreneur. Hal ini berfungsi untuk memantau kemajuan perusahaan dalam segi keuangan. Sehingga Anda harus menyiapkan sebuah laporan keuangan yang terperinci dengan memuat banyak hal, mulai dari aset hingga pendapatan yang dihasilkan. Oleh karena itu simak penjelasan berikut ini mengenai seberapa pentingnya laporan keuangan dan komponen apa saja didalamnya.

  • Alasan mengenai seberapa pentingnya laporan keuangan perusahaan
  1. Memberikan informasi perusahaan

Laporan keuangan digunakan sebagai indikator terutama bagi para calon investor yang akan melakukan investasi dalam jumlah tertentu. Sehingga dengan informasi mengenai kondisi keuangan membuat para investor bisa bertindak lebih bijak. Terutama bagi para pemimpin perusahaan yang memiliki jiwa entrepreneurship yang bisa mengendalikan laju pendapatan perusahaan. Apalagi dengan pendapatan yang stabil.

  1. Bentuk kepercayaan terhadap pelanggan

Laporan ini juga bisa digunakan sebagai pegangan bagi para client dalam memercayai sebuah perusahaan. Ketika pendapatan dan aset yang dimiliki stabil, maka banyak para investor maupun client lainnya yang memercayai dan membantu berjalannya usaha. Karena saat laporan keuangan stabil maka tidak akan ada masalah terkait kontrak atau kerjasama yang dijalankan. Hal tersebut berbeda saat keuangan fluktuatif bahkan tidak stabil.

  1. Berguna bagi karyawan

Laporan keuangan juga berfungsi sebagai alat untuk memberitahukan perkembangan perusahaan pada karyawan. Apalagi gaji karyawan juga tergantung dari kemajuan laporan keuangan. Laporan keuangan terbaik disusun oleh bagian keuangan dengan mempertimbangkan segala aspek. Keuangan yang stabil tentu akan membuat karyawan merasa betah dan nyaman bekerja pada perusahaan tersebut.

  1. Bagi pemegang saham

Perusahaan yang memiliki progres keuangan yang stabil akan membuat para pemegang saham lebih percaya. Jika keuangan lebih stabil maka saham akan memiliki kesempatan dengan harga yang tinggi atau baik. Namun saat keuangan tidak stabil maka harga saham yang diperkirakan juga ikut anjlok bahkan mengalami kerugian. Oleh karena itu pastikan pendapatan maupun penjualan produk tetap berjalan lancar.

  • Beberapa komponen yang harus ada dalam laporan keuangan

Dalam membuat laporan keuangan detail, Anda memerlukan beberapa komponen didalamnya agar laporan bersifat transparan. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Kewajiban

Hal ini merupakan sebuah komponen yang berupa utang jangka panjang, tunjangan, gaji karyawan, hingga piutang. Oleh karena itu, sebelum menulis laporan keuangan perusahaan sebaiknya Anda mengecek semua komponen yang ada dalam kewajiban. Agar tidak ada sesuatu yang ketinggalan.

  1. Aset

Komponen ini merupakan hak yang bisa digunakan dalam sebuah operasi perusahaan. Yang berisi: tanah, gedung maupun barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan. Periksa semua barang yang dimiliki agar tidak ada yang terlupa dan bisa meningkatkan stabilitas perusahaan. Agar meningkatkan kepercayaan semua pihak dan meminimalisir kerugian.

  1. Arus kas

Komponen ini berisikan mengenai laporan pendapatan yang masuk dan keluar. Sehingga menentukan sebuah laporan apakah seimbang antara debet dan kreditnya. Anda harus menghitungnya secara hati-hati dan jangan sampai ada yang terlewat.

  1. Ekuitas

Komponen ini adalah modal yang akan dibagi kepada pemegang saham. Sehingga terdapat beberapa pembagian yang harus dilakukan, seperti: aset residual. Hal ini juga tergantung dari harga saham yang berlaku saat itu. Oleh karena itu pastikan harga saham stabil, agar investor bisa berinvestasi kembali.

Demikian penjelasan mengenai seberapa pentingnya laporan keuangan perusahaan dan apa saja rincian didalamnya. Semoga bisa membantu Anda yang akan membuat laporan keuangan.

Artikel lain